Apakah Disfungsi Seksual wanita?

DokterSehat.Com – Disfungsi seksual ialah suatu gangguan yang berhubungan dengan fase tertentu dari proses siklus seksual.



Gangguan disfungsi seksual pada wanita terbagi atas 4 macam gangguan yaitu :

  • Gangguan hasrat seksual (sexual desire disorder), yang meliputi gangguan hasrat seksual hipo aktif, gangguan ketidakinginan terhadap seks (sexual aversion disorder) dan gangguan seksual hiperaktif
  • Gangguan rangsangan seksual (sexual arousal disorder), dapat disebabkan kurangnya minat, respon dan kepuasan dari hubungan seksual. Gangguan ini merupakan kombinasi atas hambatan psikologis terhadap rangsangan dan kesenangan seksual dengan aktifitas mental dan fisik yang spesifik. Keadaan ini disebut juga female sexual arousal disorder (FSAD)
  • Gangguan orgasmus (orgasmic disorder), jika wanita belum pernah mengalami orgasme (disfungsi orgasme primer) dan bila ia pernah mengalami orgasme sebelumnya, tetapi kemudian kehilangan kapasitas untuk bereaksi pada saat sekarang (disfungsi orgasmus sekunder)
  • Gangguan nyeri seksual (sexual pain disorder) meliputi dispareunia, vaginismus. Dispareunia adalah nyeri pada saat hubungan seksual, rasa nyeri dapat terjadi di introitus (pintu vagina), saluran vagina atau jauh di dalam rongga panggul. Vaginismus adalah suatu spasmeinvolunter (kekejangan yang tidak terkontrol) pada otot introitus dan vagina yang membuat penetrasi penis nyeri atau tidak mungkin.