Apakah Disfungsi Ereksi yang Disebabkan Oleh Diabetes Bisa Diatasi?

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika penyakit diabetes telah menjadi penyakit yang sangat mengerikan bagi siapapun. Tak hanya membuat kita kehilangan kenikmatan untuk mengkonsumsi berbagai makanan apapun, komplikasi yang disebabkan oleh diabetes juga tergolong sangat mengerikan karena bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh teramputasi, terkena masalah kesehatan yang mematikan, hingga memicu masalah disfungsi ereksi bagi pria. Padahal, masalah disfungsi ereksi bagi pria tentu akan sangat mengganggu kehidupan seksualitasnya dan bahkan bisa memicu masalah keharmonisan rumah tangga.

doktersehat-seks-penis-pasangan

Pakar kesehatan dr. Olivia Cicilia, SpPD, yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menyebutkan jika disfungsi ereksi yang terjadi karena penyakit diabetes bisa terjadi dengan dua cara, yakni dengan cara neurologis dimana saraf-saraf seksualitas mengalami kerusakan, dan juga cara vascular, dimana diabetes merusak pembuluh darah yang berada di organ vital pria.

Menurut dr. Olivia, banyak pria yang mengalami diabetes dalam waktu lama, yakni sekitar 10 tahun, yang baru merasakan dampak buruk penyakit ini bagi kesehatan organ vitalnya ini. Ia pun menyebutkan jika masalah disfungsi ereksi ini sebenarnya bisa diatasi, asalkan kita mengetahui bagaimana cara diabetes merusak fungsi ereksi bagi penis pria.

Menurut dr. Olivia, andai diabetes menyerang organ vital pria dengan cara neurologis, dimana saraf-saraf seksualitas mengalami kerusakan yang parah, maka tentu masalah disfungsi ereksi akan sangat sulit untuk diatasi. Andaipun bisa, akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan terapi yang cukup banyak. Hal yang berbeda terjadi andai disfungsi ereksi ini disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah. Menurut beliau, andai pada pembuluh darah hanya terjadi penyumbatan karena tingginya kadar gula darah, tentu kita bisa mengatasi penyumbatan ini dan masalah disfungsi ereksi ini.