Apakah Diet itu?

DokterSehat.Com – Diet adalah kegiatan makan makanan dengan cara diatur untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol. Diet dilakukan oleh sebagian orang dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada sebagian orang melakukan diet untuk menjaga kesehatannya atas anjuran dokter atau karena menderita penyakit tertentu, dan ada juga yang melakukan diet karena bermasalah dengan berat badannya.

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet-sindrom-metabolik

Diet yang dilakukan untuk menjaga kesehatan biasanya dilakukan oleh penderita diabetes, darah tinggi, ginjal, jantung, asam urat, dan penderita penyakit lainnya yang diharuskan melakukan diet. Diet juga biasanya dilakukan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Diet yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan berat badan ideal, mempunyai perbedaan cara dalam menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan (obesitas) dan menaikkan berat badan bagi yang kurang atau belum mancapai berat ideal. Diet juga biasa dilakukan oleh para atlit, biasanya mereka mengikuti diet untuk menjaga berat badan (untuk pembentukan atau menjaga bentuk otot mereka).

Diet digunakan untuk menjaga berat badan yang stabil. Bagi mereka yang mempunyai berat badan yang ideal tetapi mudah sekali mengalami kenaikan berat badan biasanya akan melakukan diet untuk menjaga berat badan mereka supaya tetap stabil.

Di dalam melakukan diet, diperlukan program diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan usia. Hal ini perlu karena dengan program diet yang tepat buat kita maka tujuan dari diet yang dilakukan akan tercapai. Program diet banyak macamnya dan setiap orang belum tentu akan sama hasilnya dalam menerapkan program diet yang sama. Untuk itu alangkah baiknya sebelum anda melakukan diet, konsultasikan dulu dengan dokter anda, ahli gizi, atau orang yang pakar dalam program-program diet.

Baca Juga:  Polip Hidung

Diet tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja. Banyak para remaja dan anak-anak melakukan diet. Biasanya program diet mereka akan berbeda dengan program diet yang dilakukan oleh orang dewasa.

Di dalam program diet biasanya akan disertakan berbagai resep diet. Selain mengatur pola makan biasanya program diet untuk menjaga berat badan terutama untuk menurunkan berat badan biasanya disertai dengan latihan fisik.

Jadi sebelum anda akan memulai program diet, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

  • Tentukan dulu tujuan anda dalam melakukan diet.
  • Konsultasikan rencana diet anda dengan dokter, ahli gizi atau para pakar dalam program diet.
  • Konsistensi dalam melaksanakan program diet.

Selamat melakukan diet!