Apakah Diabetes Menyerang Orang Bertubuh Kurus?

DokterSehat.Com – Salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat adalah diabetes. Bagaimana tidak, penyakit ini bisa memicu munculnya komplikasi yang sangat berbahaya dan bahkan mematikan. Tak hanya itu, penyakit ini juga akan menurunkan kualitas hidup seseorang dengan signifikan. Uniknya, banyak orang yang berpikir jika penyakit diabetes hanya akan melanda mereka yang bertubuh gemuk. Padahal, mereka yang bertubuh kurus juga memiliki resiko sama besar terkena penyakit ini, apalagi jika mereka tidak mampu menjaga gaya hidup sehat. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah ada perbedaan dari penyakit diabetes pada orang gemuk dan orang kurus?

doktersehat-diabetes-gula-penyakit

Pakar kesehatan Professor Sidartawan Soegondo dari FK Universitas Indonesia menyebutkan jika ada perbedaan bentuk tubuh para penderita diabetes dimana mereka yang berasal dari Negara barat Eropa atau Amerika akan cenderung bertubuh gemuk. Sementara itu, penderita diabetes dari Negara Asia justru cenderung kurus layaknya orang sehat pada umumnya. Penderita diabetes yang bertubuh gemuk biasanya akan cenderung mengalami resistensi insulin sehingga insulin yang diproduksi oleh pankreas ini tidak mampu lagi mengolah glukosa menjadi energi. Sementara itu, penderita diabetes dengan tubuh yang kurus yang kerap kali ditemukan di Asia, termasuk di Indonesia ini akan cenderung mengalami penurunan produksi insulin atau defisiensi insulin. Hal ini berarti, tidak ada masalah dengan kinerja insulin sebagaimana yang terjadi pada penderita diabetes yang bertubuh gemuk. Sayangnya, karena jumlah insulin yang kurang, gula dalam darah tidak bisa diolah sepenuhnya sehingga kadar gula darah pun sangatlah tinggi.

Professor Soegondo menyebutkan jika masyarakat Indonesia termasuk dalam orang-orang yang kurang mampu menjaga gaya hidup sehat sehingga memiliki resiko tinggi terkena diabetes. Ada baiknya, kita mulai menjaga kesehatan semenjak usia muda agar tidak mudah terkena penyakit yang mengerikan ini.