Apakah Dermatitis Seboroik Itu?

DokterSehat.Com – Penyakit kulit tidak hanya terbatas pada kulit-kulit yang bisa kita lihat layaknya pada area muka, badan atau bahkan tangan saja. Banyak sekali kasus penyakit kulit justru muncul pada area-area yang jarang kita rawat dengan benar layaknya area kelamin atau area rambut. Kedua area ini cenderung lebih sering tertutup dan jarang terkena udara terbuka secara langsung. Salah satu masalah penyakit kulit yang cukup mengganggu adalah penyakit dermatitis seboroik. Jika kulit kepala terkena penyakit ini, maka kulit kepala akan berketombe, bersisik, dan memiliki warna yang cenderung merah.

doktersehat-obat-kumur-atasi-ketombe

Dermatitis seboroik kerap disamakan dengan penyakit psoriasis. Namun, dermatitis seboroik juga bisa dengan mudah menyerang kulit kepala bayi dan disebut dengan penyakit cradle cap. Penderita penyakit dermatitis seboroik biasanya mengalami rasa gatal pada kulit kepala dan bahkan rasa gatal ini disertai dengan rasa layaknya terbakar. Kulit kepala yang memiliki ketombe dalam jumlah besar juga disertai dengan warna merah dan disertai dengan pengelupasan kulit. Yang menjadi masalah adalah, dermatitis seboroik tidak hanya menyerang kulit kepala saja. Area kelopak mata bisa jadi akan bersisik dan kemerahan dan bahkan kumis, alis, dan juga jenggot bisa jadi juga terkena ketombe dan masalah kulit mengelupas.

 Penyakit Dermatitis Seboroik biasanya disebabkan oleh semacam jamur bernama malassezia yang sering menyerang area penghasil minyak pada permukaan kulit. Penyakit psoriasis yang dibiarkan begitu saja sering dikaitkan sebagai penyebab utama dermatitis seboroik. Namun, beberapa jenis penyakit dalam layaknya penyakit parkinson dan juga depresi bisa menyebabkan masalah ini. Gagal jantung, diabetes, atau bahkan stress yang membuat tubuh ketergantungan dengan obat tertentu bisa menyebabkan masalah gatal-gatal ini.

Baca Juga:  Vertigo

Untuk mengatasi dermatitis seboroik, kita bisa memakai semacam krim, shampoo, atau bahkan body lotion khusus yang bisa mengobati masalah kulit ini. Fungsi utama krim biasanya dipakai untuk melawan bakteri penyebab penyakit dan kemudian dibantu dengan shampoo yang bisa membunuh jamur yang menyerang area kulit kepala. Disamping itu, lotion pun bisa dipakai untuk membuat sistem kekebalan tubuh mampu menalangi masalah dermatitis seboroik ini.