CT-Scan: Apakah Berisiko?

DokterSehat.Com – CT scan adalah prosedur berisiko sangat rendah.

doktersehat-suntik-hormon-injeksi-flu-burung-vaksin

  • Pasien akan terkena radiasi saat menjalani CT scan. Namun, radiasi sinar-X yang didapat adalah dalam tingkat yang aman.
  • Potensi risiko terbesar adalah dengan injeksi kontras (juga disebut dye) yang kadang-kadang digunakan dalam CT scan. Kontras ini dapat membantu membedakan jaringan normal dari jaringan abnormal. Kontras juga membantu untuk membantu membedakan pembuluh darah dari struktur lainnya seperti kelenjar getah bening. Sebagaimana obat lain, ada beberapa orang yang memiliki reaksi alergi yang serius terhadap cairan kontras. Kesempatan reaksi fatal kontras adalah sekitar 1 dari 100.000 orang. Mereka yang berada pada peningkatan risiko mungkin memerlukan terapi khusus dan dites di rumah sakit. Siapapun yang telah memiliki reaksi kontras sebelumnya atau reaksi alergi yang parah terhadap obat lain, memiliki asma atau emfisema, atau memiliki penyakit jantung berat, merupakan orang-orang yang berada pada peningkatan risiko untuk reaksi kontras. Selain reaksi alergi, pewarna intravena (kontras) dapat merusak ginjal, terutama jika seseorang sudah memiliki penyakit ginjal marginal. Biasanya, pasien disarankan untuk minum banyak cairan untuk membantu membuang kontras dari sistem peredaran darah di tubuh.
  • Setiap kali suntikan dilakukan ke pembuluh darah, ada risiko kontras bocor keluar vena di bawah kulit. Jika sejumlah besar kontras mengalami kebocoran di bawah kulit, dalam kasus yang jarang, menyebabkan kulit rusak.

Persiapan CT scan
Jika seorang pasien akan disuntikkan kontras, pasien sebaiknya tidak makan atau minum selama beberapa jam sebelum CT-scan karena suntikan dapat menyebabkan sakit perut. Untuk menerima suntikan kontras, infus dimasukkan ke lengan sesaat sebelum scan. Kontras kemudian memasuki tubuh melalui jalur infus intravena.

Baca Juga:  CT-Scan: Apakah CT-Scan Itu?

Sebelum CT-scan perut dan panggul, penting untuk minum agen kontras oral yang mengandung barium. Agen kontras ini membantu ahli radiologi mengidentifikasi saluran pencernaan (lambung, usus kecil dan besar), mendeteksi kelainan organ-organ ini, dan untuk memisahkan struktur ini dari struktur lain dalam perut. Pasien akan diminta untuk minum perlahan kurang dari satu liter selama 5 sampai 2 jam.