Apakah Ciuman Bisa Menularkan Virus HIV?

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang adalah HIV. Penyakit yang mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh hingga membuat penderitanya meninggal dunia ini dikenal luas bisa ditularkan dengan cairan layaknya darah, sperma atau cairan vagina, atau bahkan ASI. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah jika kita berciuman dengan seseorang yang sudah memiliki virus ini, kita juga bisa ikut tertular?

doktersehat-pasangan-cium

Jika kita melakukan kontak berupa ciuman pipi, maka kita tidak akan terkena penyakit HIV mengingat tidak ada pertukaran cairan tubuh. Hanya saja, jika kita melakukan ciuman yang lebih intim layaknya dengan melakukan French kiss, maka ada kemungkinan kita bisa tertular oleh penyakit ini. Dengan melakukannya, bisa saja terjadi kontak darah yang memungkinkan penularan virus mematikan ini.

Hanya saja, sejauh ini kasus penularan virus HIV yang disebabkan oleh French kiss atau ciuman antar mulut terbuka ternyata cukup jarang terjadi. CDC, Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyebutkan bahwa sejauh ini hanya ada satu kasus seseorang yang tertular HIV gara-gara ciuman antar mulut ini. Hal ini sendiri terjadi karena keduanya mengalami masalah gingivitis atau gusi berdarah yang memungkinkan adanya kontak darah.

Tak hanya virus HIV, ciuman antar mulut diyakini juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan lain. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika virus sifilis lebih sering menular karena ciuman jika dibandingkan dengan berhubungan intim. Pakar kesehatan Antonio Pizzarro, MD berkata bahwa luka terbuka atau darah infeksi pada mulutlah yang memungkinkan penularan ini.

Tak hanya sifilis, penyakit meningitis juga bisa menular melalui hal ini. Chris Carpenter, M.D, dari Beaumont hospital di Royal Oak, Michigan, berkata bahwa bakteri meningitis bisa berpindah melalui ciuman sehingga harus diwaspadai.