Apakah Cacing yang Kerap Menginfeksi Serangga Ini Berbahaya Bagi Manusia?

DokterSehat.Com – Di beberapa daerah, kita bisa menemukan makanan khas berupa serangga yang disajikan dalam bentuk keripik. Meskipun terlihat mengerikan, banyak yang mengaku jika keripik serangga atau serangga goreng sangatlah nikmat dan renyah untuk dikonsumsi. Namun, belakangan ini pecinta makanan yang berbahan serangga ini agak terganggu dengan adanya video yang menunjukkan jika di dalam beberapa serangga, ada sebuah cacing parasit yang bisa keluar dari tubuh serangga dengan ukuran yang sangat panjang. Sebuah pertanyaan pun muncul, andai kita mengkonsumsi serangga yang sudah terinfeksi oleh cacing yang bernama horsehair worm atau cacing rambut kuda ini, apakah kesehatan kita bisa terganggu?



Cacing rambut kuda sendiri kerap menginfeksi serangga layaknya belalang sembah, jangkrik, kecoa, atau bahkan kumbang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Perancis pada tahun 2005, larva dari cacing rambut kuda bisa masuk ke dalam tubuh belalang melalui air yang diminumnya. Cacing parasit ini bisa hidup dan mengubah inangnya menjadi zombie hidup. Semua bagian tubuh serangga akan dikuasai oleh cacing ini kecuali kepala dan kakinya. Saat cacing ini semakin dewasa, Ia akan mengeluarkan protein yang akan bereaksi dengan saraf utama dari serangga sehingga serangga pun akan terhipnotis agar kemudian menceburkan diri ke air. Saat sudah di dalam air inilah cacing ini keluar dari tubuh belalang dengan ukuran yang sudah sangat panjang, yang bahkan bisa mencapai 50 cm! setelahnya, belalang pun kemudian mati tenggelam.

Meskipun terlihat mengerikan, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika cacing rambut kuda ini sama sekali tidak berbahaya bagi manusia. Memang, larva dari cacing ini bisa saja masuk ke dalam tubuh hewan-hewan berukuran besar, namun, biasanya larva cacing rambut kuda tidak akan membuat masalah kesehatan apapun. Jikalau ada cerita bahwa cacing ini bisa menginfeksi manusia, cacing tersebut sebenarnya berjenis ­hair-filaria worms yang memang memiliki bentuk yang mirip.

Baca Juga:  Ada 150 Cacing di Dalam Perut Wanita Ini

Dengan adanya fakta ini, pecinta makanan yang berbahan serangga tentu tidak akan khawatir lagi dengan infeksi cacing ini, bukan?