Apakah Ukuran Buah Zakar Lebih Besar Sebelah Berbahaya?

doktersehat-pria-khitan-penis-sehat-bakteri-bersih-kecil-gemuk-manfaat-sunat-1024

DokterSehat.Com – Setiap pria tentu ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Disamping kondisi fisik yang selalu sehat, bentuk tubuh yang ideal tentu saja didambakan oleh semua pria. Sayangnya, kadang kala ada bagian tubuh pria yang kurang sempurna, dan kadang ketidaksempurnaan itu justru ditemukan di bagian paling vitalnya, yakni alat kelamin.

Coba cek alat kelamin Anda, apakah buah zakar Anda memiliki bentuk yang normal dan juga memiliki ukuran yang sama?

Ada banyak pria yang mengeluhkan kondisi buah zakar besar sebelah karena membuat mereka cemas apakah kondisi buah zakar tersebut apakah normal atau tidak.

Banyak pakar kesehatan yang menjawab kecemasan ini dengan membuat pernyataan bahwa kondisi buah zakar besar sebelah ternyata bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan apalagi membahayakan pada kesehatan.

Kondisi buah zakar yang besar sebelah ini sama sekali tidak berhubungan dengan kesuburan seseorang. Konsisi ini hanya disebabkan oleh adanya struktur anatomi tubuh manusia secara alami yang bisa membuat satu bagian tubuh tidak sama pada satu sisi dan sisi lainnya.

Sebagai contoh, ada wanita yang memiliki payudara cenderung lebih besar pada bagian kanan jika dibandingkan dengan yang sebelah kiri. Bukan berarti kondisi ini menandakan  suatu penyakit serius. Hal ini berarti, kondisi buah zakar Anda yang lebih besar di satu sisi tentu tidak perlu menjadi masalah yang besar, bukan?

Hanya saja, ada baiknya mengecek kondisi buah zakar Anda yang lebih besar, apakah kondisinya terus membesar dan mengeras atau tidak, khususnya jika Anda batuk dan juga mengejan mengingat jika buah zakar ternyata mengalami pembesaran yang cukup signifikan, bisa jadi Anda justru mengalami hernia.

Hernia sendiri adalah sebuah kasus dimana jaringan lunak terdiri dari kantung dan isi hernia turun melalui bagian dinding rongga dan memasuki area buah zakar atau skrotum. Jika kondisi ini terjadi, maka kesuburan pria bisa menjadi terancam.

Jika merasakan masalah ini pada buah zakar Anda, maka tentu harus mendatangi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat mengenai apa yang terjadi pada buah zakar Anda.

Baca juga: 5 Hal yang Menyebabkan Testis Besar Sebelah

Bagaimana mengetahui ukuran buah zakar besar sebelah?

Tidak peduli testis mana yang lebih besar, yang lebih besar hanya akan lebih besar dengan margin kecil — sekitar setengah sendok teh.

Seharusnya Anda tidak akan merasa sakit ketika duduk, berdiri, atau bergerak. Anda juga tidak mengalami kemerahan atau bengkak, bahkan jika satu testis lebih besar.

Buah zakar lebih berbentuk seperti telur, bukan bulat. Kondisi buah zakar biasanya mulus, tanpa tonjolan atau benjolan kecil. Tidak ada benjolan lunak atau keras. Segera temui dokter jika Anda menemukan benjolan di sekitar buah zakar.

Bagaimana mengidentifikasi buah zakar yang sehat?

Pemeriksaan rutin testis dapat membantu Anda mempelajari apa yang dirasakan oleh buah zakar dan mengidentifikasi benjolan, nyeri, kelembutan, dan perubahan pada satu atau kedua buah zakar.

Ikuti langkah ini:

  • Gunakan jari dan jempol untuk meraba testis Anda dengan lembut. Jangan merabanya terlalu keras.
  • Di sepanjang permukaan satu testikel, periksa apakah ada benjolan, tonjolan, perubahan ukuran, dan area lunak atau nyeri.
  • Rasakan bagian bawah skrotum untuk epididimis, sebuah tabung yang menempel pada testis Anda yang menyimpan sperma. Seharusnya terasa seperti sekumpulan tabung.
  • Ulangi untuk testis bagian sebelahnya.

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan buah zakar secara rutin setidaknya sekali sebulan.