Apakah Boleh Jika Sesekali Kita Makan Berlebihan?

DokterSehat.Com – Mendapatkan traktiran dari kawan atau tiba-tiba saja menemukan tempat makan yang enak bisa saja membuat kita ingin menikmati makanan dengan porsi yang cenderung berlebihan. Sayangnya, kita tentu sudah mengetahui dampak buruk dari makan secara berlebihan yang bisa memicu penumpukan lemak dan akhirnya menyebabkan masalah berat badan. Namun, apakah kita memang tidak boleh jika sekali-kali makan secara berlebihan?

doktersehat-burger-junkfood-makan-kolesterol

Sebuah penelitian pun dilakukan oleh tim dari University of Michigan untuk melihat fenomena banyaknya orang yang makan enak pada pesta yang memang banyak muncul menjelang akhir tahun. Hasilnya ternyata cukup menggembirakan bagi mereka yang ingin menikmati semua makanan yang tersedia; yakni, asalkan dengan olahraga secara konsisten, maka tubuh akan tetap terlindungi dari dampak buruk makan secara berlebihan. Dengan berolahraga, kalori yang kita dapatkan dari makan berlebihan ini ternyata bisa dibakar dengan baik.

Dari penelitian ini, para partisipan yang berupa orang dewasa diminta untuk melakukan olahraga aerobik secara normal setidaknya 2,5 jam selama enam hari seminggu. Ada pula kelompok orang dewasa lain yang diminta untuk tidak berolahraga sama sekali. Semua partisipan ini diminta untuk mengkonsumsi kalori dengan jumlah 30 persen lebih banyak dari biasanya dalam sepekan. Menjelang berakhirnya penelitian, diketahui bahwa para partisipan yang makan dengan lebih banyak namun tidak berolahraga mengalami peningkatan jumlah lemak dan tanda-tanda dari penyakit jantung dan diabetes. Sebaliknya, mereka yang rutin berolahraga ternyata mampu mencegah menumpuknya jaringan lemak dan mencegah munculnya peradangan yang bisa memicu munculnya penyakit berbahaya.

Apakah hal ini berarti kita bisa seenaknya makan berlebihan asalkan berolahraga? Pakar kesehatan menyebutkan jika efek olahraga secara rutin ini hanya akan manjur andai kita makan berlebihan dalam periode yang singkat. Sebagai contoh, andai kita hanya makan berlebihan sesekali atau saat menghadiri banyak pesta layaknya menjelang akhir tahun belakangan ini. Andai kita makan secara berlebihan secara konsisten secara berbulan-bulan, maka tetap saja tubuh kita akan mengalami kegemukan dan masalah kesehatan lainnya.