Tips Praktis Mengurangi Efek Radiasi Ponsel

DokterSehat.Com – Penggunaan ponsel kini telah berada dalam tingkat yang sangat besar bagi manusia. Hampir semua manusia kini sangat bergantung dengan gadget yang memiliki bentuk yang ringkas ini. Dengan adanya ponsel, manusia bisa dengan mudah menghubungi banyak orang sekaligus mendapatkan informasi dengan sangat cepat. Sayangnya, penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang lama ternyata bisa memberikan radiasi yang bisa mengganggu perkembangan otak, khususnya bayi atau balita. Dalam beberapa kasus, radiasi ponsel bahkan bisa memicu resiko mendapatkan penyakit kanker yang cukup tinggi. Apa yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir efek radiasi dari penggunaan ponsel ini?

doktersehat-telinga-handphone

Radiasi dari telepon ternyata lebih banyak memapar tubuh manusia jika telepon sering dipakai untuk menelepon. Hal ini berarti anda tentu sebaiknya mengurangi frekuensi menelepon orang lain dan cobalah untuk beralih ke fitur pesan. Kini, banyak aplikasi gratis yang bisa membuat kita semakin mudah bertukar pesan dengan orang lain atau bahkan untuk satu grup. Andaipun anda sangat ingin menelepon, maka ada baiknya anda harus memilih-milih panggilan sehingga anda hanya melakukan panggilan yang penting saja. Disamping itu, anda bisa menggunakan headset bisa membuat dariasi ponsel akan sangat jauh berkurang. Dengan trik ini, anda bisa mengurangi radiasi ponsel langsung ke otak dengan signifikan.

Saat anda melakukan panggilan, cobalah untuk tidak menempelkan telinga pada telepon anda. Telepon yang sedang mencoba menyambungkan panggilan ternyata sangatlah tinggi radiasinya. Disamping itu, jika anda sedang menelepon, ada baiknya anda mendekatkan telepon lebih ke mulut anda jika dibandingkan dengan posisi telinga. Selain itu, perhatikan indikasi pada sinyal telepon anda. Jika anda sedang dalam area dengan jaringan yang kurang baik, maka ponsel pun akan cenderung memancarkan radiasi lebih besar karena berusaha mencari koneksi lebih besar. Jangan terlalu sering menggunakan ponsel anda jika anda berada dalam area ini. Disamping itu, ada baiknya kita juga menghindari penggunaan ponsel di dalam lift atau mobil karena ruangan dengan logam yang tertutup ini ternyata bisa memaksa ponsel memberikan radiasi yang jauh lebih besar untuk mendapatkan koneksi yang jauh lebih baik.

Baca Juga:  Kopi Ternyata Juga Bisa Dipakai Untuk Perawatan Kulit