Apakah Berbahaya Jika Kita Memakan Banyak Cabai?

DokterSehat.Com – Salah satu ciri khas dari masakan tanah air adalah masakan kita memiliki rasa pedas yang kuat. Banyak sekali masakan yang memakai bahan cabai sehingga terlihat memerah dan jika kita coba rasanya sangat pedas. Selain itu, cabai bahkan kita pakai sebagai salah satu pendamping lauk berupa sambal yang bisa menambah cita rasa pedas dalam masakan. Banyak orang yang berkata jika tanpa adanya sambal, maka makanan tidak akan terasa nikmat. Dibalik kesegaran dari memakan masakan pedas, ternyata ada dampak kesehatan tersendiri jika kita mengkonsumsi cabai terlalu banyak. Apa sajakah dampak kesehatan tersebut?

23938579132_9d11868964_o

Banyak orang yang tidak menyadari jika cabai memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kita sering mengasosiasikan jeruk sebagai buah yang paling baik untuk memberikan asupan vitamin C bagi tubuh. Namun kandungan vitamin C pada jeruk ternyata tujuh kali lebih rendah dibandingkan dengan yang dimiliki oleh cabai! Jika kita mengkonsumsi cabai, maka kita akan memenuhi asupan vitamin C dalam tubuh dan membuat banyak masalah kesehatan layaknya pilek, migrain, hingga kurang lancarnya pencernaan menjadi lebih baik. Selain itu, cabai juga dianggap sebagai makanan yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa membuat berat badan ideal. Saat kita memakai cabai, saraf simpatetik dalam tubuh akan aktif dan produksi energi pun akan meningkat dengan signifikan sehingga lebih banyak kalori yang dibakar oleh tubuh.

Sayangnya, dibalik berbagai kebaikan cabai, kita juga bisa mengalami peradangan dalam tubuh jika mengkonsumsi cabai terlalu banyak. Kandungan capsaicin dalam cabai ternyata bisa menyebabkan peradangan sehingga saluran pencernaan layaknya usus akan mengalami kerusakan. Banyak kasus dimana saluran pencernaan mengalami iritasi karena kita terlalu banyak mengkonsumsi cabai.

Baca Juga:  Peneliti di Inggris Menemukan Tambalan Gigi yang Bisa Dipakai Untuk Seumur Hidup

Gejala dari iritasi saluran pencernaan karena terlalu banyak memakan cabai bisa dirasakan dengan rasa sakit di dalam perut yang disertai dengan rasa panas. Kita juga bisa merasakan mual-mual dan ingin muntah karena iritasi ini. Untuk mengatasi iritasi ini, kita bisa menetralkan efek panas karena terlalu banyak mengkonsumsi cabai dengan memakan ketimun atau yoghurt. Selain itu, kita juga bisa meminum susu yang bisa mengusir kandungan capsaicin yang memberikan rasa sakit pada saluran pencernaan dan lidah.