Apakah Benar Penderita Hipertensi Sebaiknya Mengkonsumsi Makanan Hambar Saja?

DokterSehat.Com – Penyakit tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Disamping penyakit ini memang cukup sering terjadi pada orang-orang di sekitar kita, penyakit ini bisa memicu masalah kesehatan yang jauh lebih serius layaknya serangan jantung yang sangat mematikan. Untuk mengatasi hal ini, banyak penderita hipertensi yang mencoba untuk memperbaiki pola makan mereka dan rela mengkonsumsi makanan hambar tanpa garam untuk menekan tekanan darah. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-hepatitis-puasa

Konsumsi garam yang berlebihan ditengarai berpengaruh besar pada meningkatnya tekanan darah. Hanya saja, kita tidak bisa serta merta menghilangkan garam dari bagian makanan yang kita konsumsi sehari-hari sehingga makanan pun cenderung terasa hambar. Pakar kesehatan spesialis jantung dan pembuluh darah justru menyarankan untuk mengurangi asupan garam saja, bukannya mengurangi asupan garam secara keseluruhan.

Memang, garam yang memiliki sifat rentensi pada cairan bisa membuat cairan di dalam tubuh tertahan dan meningkat secara jumlah yang berarti bisa membuat masalah besar pada tekanan darah yang berbentuk cair. Hanya saja, bukan berarti bahwa garam harus benar-benar kita hapus dari konsumsi makanan kita sehari-hari mengingat tanpa adanya garam, kualitas kehidupan kita bisa berkurang dengan drastis karena kita tidak lagi bisa menikmati makanan yang terasa hambar. Banyak orang yang memilih untuk menghilangkan garam dari makannya justru akan kehilangan nafsu makan karena rasa kecewa pada makannya dan hal ini bisa memicu stress yang justru bisa membuat tensi darah bisa meningkat dengan signifikan!

Pakar kesehatan bahkan menuturkan jika tanpa adanya garam pada makanan yang kita konsumsi, bisa jadi tubuh kita menjadi lebih lemas dan mudah untuk kehilangan kesadaran. Cobalah kurangi saja asupan garam saat memasak sehingga kita tidak lagi mengkonsumsi makanan yang terasa asin. Jika kita makan di restoran yang memberikan garam di meja makan, ada baiknya kita tidak menggunakan garam tersebut karena bisa memancing kita menambah asupan garam tanpa perhitungan yang tentu bisa membuat masalah hipertensi semakin meningkat.