Apakah Benar Nasi Menyebabkan Kegemukan?

DokterSehat.Com – Saat seseorang sedang menjalani diet karena ingin menurunkan berat badan, hal pertama yang biasanya langsung dihindari adalah mengkonsumsi nasi. Mengapa bahan makanan ini yang langsung dihapus dari konsumsi sehari-hari? Banyak orang yang menganggap nasilah yang menjadi penyebab utama mengapa badan menjadi gemuk sehingga sebaiknya tidak lagi dikonsumsi selama prorgram diet. Apakah benar nasi menjadi penyebab kegemukan?

doktersehat-lemak-gemuk-lipedema-melahirkan

Nasi memang memiliki kandungan gluten yang jika tidak dibakar dengan sempurna menjadi energi, maka yang terjadi adalah tubuh menjadi lebih gemuk karena banyaknya tumpukan lemak di sana-sini. Hanya saja, kita tentu harus ingat jika nasi adalah sumber energi utama yang sangat populer untuk dikonsumsi di Indonesia. Banyak orang yang bahkan meskipun mengkonsumsi banyak makanan berat namun tanpa memakan nasi maka tubuhnya akan terasa kurang berenergi. Jika kita jeli, banyak orang yang juga tetap langsing meskipun mengkonsumsi nasi cukup banyak dalam sehari. Kunci dari diet ini ternyata adalah lebih pada pola makan yang seimbang yang diimbangi dengan olahraga yang rutin sehingga banyak kalori yang dibakar dengan sempurna.

Kita bisa mengambil contoh dimana ada orang yang mengkonsumsi nasi goreng yang kaya dengan kandungan lemak cukup sering di malam hari dimana saluran pencernaan seharusnya sudah mulai bersitirahat tentu akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Namun, banyak juga orang yang mengkonsumsi nasi namun diimbangi dengan makanan lain yang sehat dan bisa membuat metabolisme tubuh berjalan dengan cepat serta diimbangi dengan olahraga rutin maka tubuhnya tetap ideal. Andai kita ingin mengganti nasi dengan makanan lain, mengapa kita tidak mencoba nasi merah atau makanan umbi-umbian?

Diet yang sehat tentu harus tetap memperhatikan asupan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan hanya karena kita ingin menurunkan berat badan, kita justru mengorbankan makanan yang bisa memberikan energi bagi tubuh dan membuat tubuh kita lemas sepanjang hari. Pakar kesehatan sendiri ada yang berkata jika kita bisa saja mengurangi konsumsi nasi, namun ada baiknya kita benar-benar menghilangkan asupan makanan yang bisa memberikan energi karena tubuh akan sangat membutuhkannya untuk kegiatan sehari-hari.