Apakah Benar Luka Bakar Bisa Diobati Dengan Pasta Gigi?

DokterSehat.Com – Luka bakar bisa didapatkan dari hal-hal yang kita temui sehari-hari. Bagi kaum pria, luka bakar biasanya terjadi saat kaki bersentuhan dengan mesin atau knalpot sepeda motor yang sangat panas. Sementara itu, kaum hawa memiliki potensi terkena luka bakar dari pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Panci dan wajan yang panas atau bahkan cipratan minyak yang panas bisa saja mengenai tangan dengan mudah dan setrika pun bisa menyentuh kulit. Untuk mengatasi luka bakar tersebut, banyak dari kita yang memakai pasta gigi untuk meredakan rasa sakit karena luka bakar tersebut dengan segera. Pasta gigi dipercaya bisa segera mendinginkan luka bakar dengan cepat sehingga mudah sembuh. Namun, cara ini ternyata tidak baik untuk luka bakar tersebut.

doktersehat-dermatitis-kontak-Porfiria-kanker-kulit

Luka bakar memang bisa menyebabkan luka dan bekas pada kulit yang sangat sulit untuk hilang, bahkan hingga waktu yang sangat lama. Saat terkena panas, kulit akan melepun hingga ke lapisan kulit terdalam. Hampir semua lapisan kulit dari kelenjar rambut, kelenjar keringat, epidermis, dan juga dermis akan terangkat karena panas ini. Yang menjadi masalah adalah, sel-sel yang biasanya bisa menyembuhkan luka pada kulit justru ikut rusak sehingga luka pun akan mudah membekas dan sulit menghilang.

Jika kita memberikan pasta gigi pada luka bakar, bukannya membantu penyembuhan, yang terjadi justru kondisi luka menjadi lebih buruk. Sifat pasta gigi yang cenderung lengket akan membuat bakteri justru berkembang dengan lebih banyak dan penyembuhan luka bakarpun akan semakin sulit untuk dilakukan. Lantas, apakah cara yang paling baik untuk menyembuhkan luka bakar? Yang terbaik adalah kita harus membersihkan luka bakar dengan air dingin yang mengalir sehingga luka bakar pun tidak mudah menyebar. Setelah itu, kompreslah luka bakar dan jika perlu kita bisa oleskan antibiotik. Dengan cara ini, bakteri pun akan semakin tidak mudah menyebar dan membuat luka menjadi semakin parah. Luka bakar yang ditangani dengan benar pun akan lebih cepat sembuh meskipun memang bekas lukanya akan membekas hingga waktu yang lama.