Apakah Benar Hobi Bersepeda Bisa Menyebabkan Impotensi?

DokterSehat.Com – Impotensi adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat tidak ingin didapatkan oleh pria manapun di dunia ini. Bagaimana tidak, pria yang memiliki masalah impotensi jelas akan mengalami kesulitan hebat untuk mendapatkan keturunan. Selain itu, jika pria ini sudah menikah, maka kehidupan rumah tangga pun bisa terganggu keharmonisannya karena secara biologis pasangannya kurang merasa bahagia. Tahukah anda, masalah impotensi tidak hanya muncul karena faktor gaya hidup yang buruk saja. Kebiasaan bersepeda ternyata juga bisa memiliki resiko membuat masalah impotensi pada pria.

doktersehat-sepeda

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Boston University School of Medicine pada 500 orang yang memiliki hobi bersepeda. Terdapat sebuah hasil mengejutkan dimana empat persen dari semua partisipan penelitian tersebut yang mengalami impotensi karena kebiasaan bersepeda dengan teratur. Memang, jumlah empat persen tentu sangatlah rendah untuk membuat kebiasaan ini menjadi potensi penyebab impotensi. Namun, anda tentu harus mewaspadai resiko ini, bukan?

Penelitian ini menunjukkan bahwa resiko untuk mendapatkan impotensi diperoleh oleh mereka yang bersepeda lebih dari 10 jam dalam satu minggu. Selain masalah impotensi, pria juga bisa mengalami susah buang air kecil dan juga susah mendapatkan orgasme. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Sadel sepeda ternyata menjadi penyebab utamanya mengingat sadel yang cenderung keras bisa menyebabkan tekanan hebat pada pembuluh arteri yang mengalirkan darah ke arah penis. Tekanan hebat ini datang dari seluruh tubuh mengingat semua beban tubuh atas akan dipusatkan pada sadel yang berukuran kecil ini. Jika tekanan ini terus menerus terjadi pada area arteri tersebut, maka pembuluh arteri bisa mengalami kerusakan dan pria tentu akan mendapatkan masalah ereksi pada penisnya.

Baca Juga:  Ribuan Orang di Spanyol Keracunan Air Dalam Kemasan

Memang, daya tahan pembuluh arteri setiap orang berbeda-beda dan banyak orang yang meskipun bersepeda dalam waktu yang lama dalam sehari bisa tidak mendapatkan masalah impotensi sama sekali. Namun, anda tentu harus mempertimbangkan perubahan sadel sepeda anda jika sadel tersebut sangatlah tidak nyaman, keras, dan berpotensi bisa menyebabkan rasa sakit saat digunakan. Hal ini setidaknya bisa membuat resiko mendapatkan masalah kesehatan layaknya impotensi pun bisa dikurangi.