Apakah Bayi yang Dilahirkan Lewat Persalinan Normal Cenderung Lebih Cerdas?

DokterSehat.Com – Ada cukup banyak proses persalinan yang bisa dipilih oleh ibu hamil. Jika memang kondisi kehamilan dan ibu cukup sehat, maka proses persalinan normal tentu akan menjadi pilihan utama. Namun, jika tidak, ibu juga bisa memilih metode persalinan lainnya layaknya operasi Caesar, water birth atau proses melahirkan di dalam air, dan lain sebagainya.

doktersehat-hamil-usg-kehamilan-konsultasi

Meskipun bisa memberikan rasa sakit yang luar biasa, ternyata cukup banyak ibu hamil yang menginginkan proses persalinan normal. Dibalik rasa sakit yang terjadi saat melahirkan, proses pemulihan setelah melahirkan yang cenderung lebih cepat menjadi alasan mengapa cukup banyak ibu yang memilih metode persalinan normal ini. Tak hanya itu, banyak ibu yang percaya bahwa anak yang dilahirkan dengan metode persalinan normal akan tumbuh sebagai anak yang lebih cerdas dan juga lebih sehat jika dibandingkan dengan anak yang dilahirkan dengan metode persalinan lainnya, khususnya melalui operasi Caesar. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan dr. Radius Adinegara, SpOG, yang berasal dari rumah sakit Husada Jakarta menyebutkan bahwa apapun metode persalinan yang dipilih oleh ibu ternyata tidak akan berpengaruh besar pada kecerdasan anak di kemudian hari. Menurut beliau, untuk masalah kecerdasan anak, hal ini lebih berperan pada bagaimana cara orang tua mendidik dan memberikan nutrisi yang baik dan bergizi bagi sang buah hati agar bisa mendapatkan perkembangan otak yang maksimal.

Menurut dr. Radius, setiap ibu tidak perlu khawatir andai dokter merekomendasikan proses persalinan tertentu yang sesuai dengan kondisi kesehatan atau kehamilannya. Rekomendasi ini biasanya datang karena dokter selalu mendahulukan keselamatan dan kesehatan ibu maupun buah hatinya. Setelah bayi dilahirkan, maka cara orang tua dalam merawat dan mendidik anaknyalah yang akan menentukan apakah mereka akan menjadi anak yang sehat dan cerdas atau tidak.