Apakah Batuk dan Mengi yang Sering Muncul Adalah Gejala Dari Penyakit Asma

DokterSehat.Com – Beberapa orang mengeluhkan seringnya mereka mengalami batuk dan juga mengi, kondisi dimana suara terasa berat karena mengalami hambatan dalam saluran pernafasan. Selain bisa membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman dan tersiksa, banyak orang yang khawatir jika seringnya batuk dan mengi ini adalah pertanda dari penyakit asma. Apakah ini benar adanya?

doktersehat-sesak-nafas-asma

Pakar kesehatan menyebutkan jika kemunculan dua masalah kesehatan pernafasan ini belum tentu merupakan tanda dari penyakit asma. Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian kesehatan yang dilakukan di Kanada. Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam laman New York Post ini dilakukan dengan melibatkan 613 orang yang diketahui mengidap asma dalam lima tahun terakhir. Para partisipan ini diminta untuk menjalani tes spirometry, tes yang bisa membuat kita mengetahui kapasitas pernafasan tubuh, dan mengkonsumsi beberapa obat tertentu. Hasil dari penelitian ini menyebutkan jika dua persen dari para responden ini ternyata sebenarnya tidak mengalami asma dimana kebanyakan dari mereka ternyata menganggap bahwa gejala-gejala layaknya batuk dan mengi adalah tanda dari asma tanpa pernah melakukan tes pemeriksaan laboratorium sebelumnya.

Pakar kesehatan Shawn Aaron, pemimpin penelitian yang dilakukan di University of Ottawa, Kanada, ini, berkata bahwa berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa gejala batuk dan mengi, meskipun terjadi secara sering, belum tentu menunjukkan bahwa seseorang sedang terkena asma. Untuk memastikannya, ia harus melakukan beberapa tes pendukung lain.

Hal ini berarti, andai kita mengalami batuk-batuk, mengi, atau bahkan nafas yang pendek, cobalah untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu dan bertanya apakah Ia memerlukan tes spirometry untuk memastikan apakah kita sebenarnya terkena penyakit asma dan gangguan pernafasan lainnya atau tidak. Sebagai informasi, tes ini mudah dan cepat untuk dilakukan, serta tidak memberikan efek samping atau resiko apapun.