Apakah Baluran Bawang Merah Memang Mampu Mengatasi Perut Kembung?

DokterSehat.Com – Masih ada cukup banyak obat tradisional yang digunakan oleh masyarakat tanah air. Salah satunya adalah dengan menggunakan bawang merah saat anak terkena perut kembung. Cukup dengan membalurkan bawang merah ini pada perut, maka tubuh anak akan menjadi lebih hangat sehingga perut kembung bisa diatasi. Sebenarnya, apakah bawang merah memang bisa mengatasi perut kembung?

doktersehat-bawang-merah-putih

Pakar kesehatan Prof. Dr. Badriul Hegar, Ph.D, SpA (K) menyebutkan bahwa secara medis bawang merah belum benar-benar terbukti mampu mengatasi perut kembung bagi anak. Namun, cukup banyak orang yang yakin jika bawang merah memang mampu menstimulasi saluran pencernaan, khususnya jika masalah perut kembung datang. Cukup dengan membalurkan bawang merah pada perut secara merata dan disertai dengan pijatan-pijatan lembut, maka masalah perut kembung pun segera mereda.

Jika memang bawang merah bisa meredakan perut kembung, apakah bawang merah ini aman untuk digunakan? Prof. Dr. Hegar berkata bahwa sejauh ini, bawang merah tidak pernah memberikan efek samping saat digunakan untuk mengatasi perut kembung. Hanya saja, bau bawang yang cenderung menyengat memang bisa membuat anak akan merasa tidak nyaman. Menurut Prof. Hegar, efek penggunaan bawang merah ini sebenarnya mirip dengan penggunaan minyak telon. Hal ini berarti, jika anak kurang nyaman dengan bau bawang merah, maka ibu bisa menggantinya dengan minyak telon yang berbau lebih enak.

Kita bisa menggunakan baluran bawang merah atau minyak telon ini tiga kali dalam sehari jika ingin mengatasi perut kembung, yakni pada saat setelah mandi pagi, setelah mandi sore, dan juga sebelum tidur. Saat memijat perut anak yang terkena masalah perut kembung, kita juga sebaiknya menggunakan tekanan yang lembut dengan melakukan putaran yang searah dengan jarum jam atau saluran cerna.