Apakah Baik Menyimpan Obat di Lemari Es?

DokterSehat.Com – Lemari es atau kerap disebut sebagai kulkas diciptakan untuk membuat bahan makanan menjadi lebih awet sehingga kita bisa berbelanja banyak bahan makanan untuk dimasak beberapa hari. Disamping lebih praktis, lemari es kerap dianggap sebagai salah satu trik hemat ibu rumah tangga dalam menata makanan, minuman, atau jajanan yang dikonsumsi anggota keluarga. Selain bahan makanan, kita juga kerap melihat obat-obatan disimpan di dalam kulkas untuk berbagai alasan, layaknya agar awet, tidak mudah dihinggapi semut, atau setidaknya karena tidak ada tempat penyimpanan lain. Apakah hal ini aman bagi obat-obatan tersebut?

doktersehat-obat

“Simpan di tempat yang sejuk” adalah sebuah label yang banyak ditemui pada obat-obatan sehingga kita akan berpikir bahwa lemari es yang dingin akan sangat cocok disimpan pada lemari es. Hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar ternyata banyak obat yang mengalami penurunan kualitas karena disimpan di lemari es. Obat, apapun bentuknya baik itu tablet, puyer, pil, atau bahkan sirup ternyata lebih baik disimpan pada suhu yang biasa saja, bukan suhu yang dingin di lemari es. Meskipun suhu ruangan cukup panas, asalkan tidak terkena sinar matahari yang menyengat ternyata masih lebih baik bagi kualitas obat jika dibandingkan dengan dengan jika disimpan dengan lemari es.

Beberapa jenis obat, khususnya obat berbentuk sirup ternyata sangat tidak dianjurkan untuk dimasukkan dalam lemari es, sebagaimana obat tablet yang ternyata bisa mengalami perubahan kualitas jika disimpan di dalam lemari es. Selain area kulkas, anda juga harus berhati-hati terhadap obat yang banyak disimpan di dalam mobil karena suhu dalam mobil saat ditempatkan di bawah sinar matahari ternyata bisa sangat panas dan mempengaruhi kualitas dari obat.

Baca Juga:  Benarkah Cewek Seksi Punya Nafsu Lebih Besar?

Beberapa obat yang tersimpan di dalam kulkas atau mobil bisa jadi sudah tidak layak dikonsumsi meskipun masih tertulis layak dan belum kadaluarsa jika sudah mengalami perubahan warna, rasa, bau, atau kekentalan pada obat sirup. Obat sirup juga cenderung mengendap jika disimpan dalam lemari es dan obat-obatan tablet atau pil akan lengket dan lembek. Segera buang obat-obatan tersebut dan jika anda ingin menyimpan obat di kemudian hari, ada baiknya anda tempatkan di kotak obat atau wadah di area dalam rumah yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.