Apakah Baik Melakukan Olahraga di Malam Hari?

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan waktu olahraga yang paling tepat, maka kita tentu akan mendengarkan banyak pendapat umum dimana waktu pagi hari atau sore hari dimana sinar matahari hangat akan menemani aktifitas olahraga menjadi waktu yang paling ideal. Adanya kandungan vitamin D yang kaya dari sinar matahari pagi juga menjadi alasan mengapa olahraga di pagi hari sangatlah baik untuk tubuh. Namun, seiring dengan tuntutan kehidupan modern dimana waktu di pagi hari dan sore hari sudah dipakai untuk bekerja atau melakukan perjalanan ke tempat beraktifitas, maka banyak orang yang mengalihkan waktu olahraga di malam hari. Apakah olahraga di malam hari akan baik bagi kesehatan tubuh?

doktersehat-gym-fitnes-otot

Di kala malam hari, pusat kebugaran atau bahkan persewaan lapangan futsal bisa dipenuhi oleh begitu banyak orang, bahkan hingga tengah malam. Pakar kesehatan berpendapat bahwa berolahraga di malam hari ternyata masih bisa memberikan kebaikan bagi tubuh, meskipun memang tidak akan memberian kebaikan layaknya jika kita berolahraga di pagi hari yang memiliki banyak paparan sinar matahari dan udara yang cenderung masih segar. Hanya saja, tubuh akan banyak bergerak dan terlatih sehingga akan tetap terjaga kesehatannya.

Hanya saja, pakar kesehatan juga mengingatkan bahwa olahraga di malam hari sebaiknya tidak dilakukan di waktu yang sangat larut. Meskipun bisa membuat tubuh banyak bergerak, olahraga di waktu yang sangat larut tentu akan mengganggu waktu tidur yang justru berimbas kurang baik bagi kesehatan tubuh. Waktu olahraga setelah matahari tenggelam hingga jam 9 malam dirasa akan paling ideal karena akan memberikan kita kesempatan untuk tidur dengan durasi yang normal. Selain itu, olahraga malam juga harus diawali dengan pemanasan dan juga harus diakhiri dengan peregangan atau pendinginan agar tubuh tidak mudah cedera. Berikan pula jeda setidaknya satu jam bagi tubuh diantara waktu berolahraga dan juga waktu menjelang tidur. Selain mengeringkan keringat, mandi untuk membersikan kotoran juga direkomendasikan sebelum kita beranjak tidur.

Baca Juga:  Kanker Payudara Dapat Diwariskan kepada Anak

Tidak perlu harus melakukan olahraga berat setiap malam dengan durasi yang lama. Pakar kesehatan menyebutkan jika waktu ideal untuk berolahraga setiap hari adalah 30 menit untuk setiap hari. Hanya saja, pastikan bahwa kita juga tidak memaksakan diri untuk berolahraga jika kondisi tubuh tidak memungkinkan layaknya sangat lelah karena banyaknya pekerjaan atau saat sedang merasa sakit. Berilah waktu tubuh untuk memperbaiki kondisi tubuh terlebih dahulu sehingga kesehatan tubuh pun akan tetap terjaga.