Apakah Anak yang Sedang Demam Boleh Diimunisasi?

DokterSehat.Com – Agar anak bisa sehat dan tidak mudah terkena penyakit, ada baiknya orang tua memberikan imunisasi sesuai dengan anjuran dokter atau bidan. Sayangnya, ada beberapa jenis imunisasi yang bisa membuat anak mengalami demam atau rasa tidak enak pada badan. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, andai anak sedang demam saat seharusnya dijadwalkan akan melakukan imunisasi, apakah kita tetap perlu melakukannya?

doktersehat-vaksin-polio-balita

Pakar kesehatan anak Dr. dr. Hartono Gunardi, SpA(K) menyebutkan bahwa anak yang sedang mengalami demam dengan suhu tinggi, khususnya yang melebihi 38 derajat Celcius, ada baiknya tidak diimunisasi terlebih dahulu. Dr. Hartono menyarankan orang tua untuk menunggu suhu tubuh anak menjadi normal kembali karena andai dipaksakan untuk diimunisasi, bisa jadi anak akan mengalami masalah kesehatan yang serius layaknya sesak nafas.

Menurut dr. Hartono, orang tua sebaiknya selalu mengecek kondisi kesehatan anaknya sebelum melakukan imunisasi. Andai anak hanya mengalami batuk dan pilek tanpa disertai dengan demam, maka hal ini bukanlah halangan bagi mereka untuk mendapatkan imunisasi. Namun, jika anak memerlukan obat yang menggunakan antibiotik atau terkena penyakit lainnya, ada baiknya selalu mengkonsultasikan hal ini pada dokter agar bisa dipastikan apakah mereka cukup aman untuk diimunisasi atau tidak.

Jika bayi terkena atau sudah pernah menderita campak, maka mereka pun tidak perlu diberikan vaksin campak. Sementara itu, bayi yang sudah positif terkena HIV atau mengkonsumsi imunosupresif, maka mereka tidak bisa lagi mendapatkan vaksin BCG. Selain itu, jika bayi terkena penyakit jantung, maka Ia tidak bisa lagi mendapatkan vaksin pneumokokus.

Dengan selalu memperhatikan kondisi kesehatan bayi, maka kita pun akan memastikan bahwa vaksinasi akan memberikan perlindungan terbaik bagi bayi sehingga tidak akan mudah terkena berbagai macam penyakit berbahaya nantinya.