Apakah Aman Jika Memakai Masker Wajah Setiap Hari?

DokterSehat.Com – Setiap wanita tentu menginginkan wajah yang cerah, bersih, dan berseri setiap saat. Menjaga wajah agar tetap sehat dan bersih tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Diperlukan perawatan yang rutin setiap hari agar mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat. Salah satu perawatan wajah yang kerap dilakukan oleh kaum hawa adalah dengan menggunakan masker wajah. Selain bersih dan sehat, wajah juga bisa menjadi lebih mulus dan membuat wanita bisa menjadi lebih percaya diri.



Beberapa jenis masker yang banyak dipakai oleh masyarakat adalah masker yang terbuat dari bahan alami layaknya bengkoang atau alpukat. Meskipun terbuat dari bahan alami, masker wajah ternyata kurang baik jika dipakai setiap hari. Pakar kecantikan bahkan menyebutkan jika penggunaan masker wajah setiap hari bisa membuat kulit wajah menjadi kering. Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita yang memakai masker wajah setiap hari selama setidaknya 6 tahun ternyata secara signifikan bisa membuat kulit wajah kehilangan kelembabannya sehingga menjadi kering. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Masker wajah digunakan untuk membuat kulit wajah terbebas dari masalah minyak pada wajah yang berlebihan atau masalah jerawat. Masker wajah “menyerap” kedua masalah pada muka tersebut dan juga ikut menyerap kelembaban pada kulit wajah sehingga jika dipakai setiap hari, maka kulit pun kehilangan kelembaban sehingga kulit wajah menjadi kering. Padahal, banyak wanita tanah air yang memakai masker setiap hari bahkan dalam waktu yang sangat lama, yakni dibawa bersama dengan tidur malam.

Selain kemampuannya dalam membuat kelembaban kulit, masker wajah juga biasanya memiliki kandungan alkohol yang tentu akan berpengaruh besar pada kesehatan kulit jika dipakai terlalu lama atau tidak sesuai dengan aturan yang aman. Pakar kecantikan berkata jika masker sebaiknya dipakai setidaknya sekali dalam seminggu dengan durasi maksimal sekitar 20 menit untuk perawatan yang maksimal tanpa adanya resiko mendapatkan kulit wajah yang kering. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, kita bisa membasuh masker dengan air hangat dan diusap dengan handuk yang lembut. Dengan pemakaian masker yang tepat, wajah pun akan menjadi halus, cerah, berseri, dan pori-pori kulit pun semakin mengecil.