Apakah Aman Ibu Hamil Tetap Menjadi Vegetarian?

DokterSehat.Com – Menjadi seorang vegetarian masih menjadi hal yang cukup kontroversial di berbagai belahan dunia. Meskipun memiliki tujuan yang mulia dan pola pikir dimana kebiasaan ini akan lebih menyehatkan, banyak orang yang masih berpikir jika tanpa adanya asupan daging atau produk hewani lainnya, maka kita pun beresiko membahayakan kesehatan kita sendiri karena kurangnya asupan nutrisi sehari-hari. Sebuah pertanyaan pun muncul jika seorang wanita vegetarian mendapatkan kehamilan. Apakah kebiasaannya hanya mengkonsumsi makanan dari produk nabati bisa mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan janinnya?

doktersehat-wanita-hamil

Pakar kesehatan menyebutkan jika asalkan ibu hamil memiliki perencanaan dan penataan konsumsi harian yang tepat, bayi di dalam kandungan akan tetap sehat dan tumbuh dengan sempurna. Bahkan, pemenuhan protein yang kerap diperbincangkan sebagai isu utama seseorang menjadi vegetarian justru tidak menjadi masalah mengingat protein nabati yang dikonsumsi ibu hamil vegetarian akan lebih mudah dicerna. Selain itu, resiko akan adanya bebearpa penyakit layaknya sakait gigi, tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, konstipasi, obesitas, atau bahkan masalah batu ginjal bisa diturunkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan nabati setiap hari.

Pakar kesehatan menyebtukan jika asalkan ibu hamil mengkonsumsi makanan kaya nutrisi yang masih segar dan tidak mengkonsumsi junk food, maka kehamilan pun akan tetap terjaga kesehatannya. Andai ibu hamil vegetarian kurang yakini dengan asupan protein atau lemak sehari-hari, kini juga telah ada suplemen pengganti yang kaya akan vitamin B12, zat besi, kalsium, seng, hingga vitamin D yang bisa mengatasi hal ini. Jika anda adalah seorang vegetarian yang masih bisa mengkonsumsi telur atau susu, maka anda pun bahkan tidak perlu lagi memikirkan nutrisi harian karena sudah cukup bagi perkembangan dan kesehatan kehamilan.

Baca Juga:  Stres Bisa Memicu Masalah Kesehatan Pada Mulut

Andai ibu hamil vegetarian juga tidak bisa mengkonsumsi susu hewani, maka pakar kesehatan pun menyarankan minuman pengganti layaknya susu kedelai atau almond yang dikenal kaya dengan nutrisi yang baik. Selain itu, banyak-banyaklah mengkonsumsi kacang-kacangan atau biji-bijian untuk asupan protein yang diperlukan selama kehamilan.