Apakah Aman Lari Tanpa Alas Kaki?

DokterSehat.Com – Ada sebuah kebiasaan yang masih dilakukan oleh sebagian masyarakat dimana mereka akan memilih untuk berolahraga tanpa alas kaki dengan alasan jauh lebih sehat bagi tubuh. Salah satu jenis olahraga yang cukup banyak dilakukan tanpa alas kaki adalah berlari. Kita pun bertanya-tanya apakah hal ini aman untuk dilakukan atau tidak mengingat ada resiko kaki kita akan kesakitan jika berlari tanpa alas kaki. Namun, yang menarik adalah, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University justru menunjukkan fakta dimana berlari tanpa alas kaki justru bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan tubuh.

doktersehat-exercise-couple-pasangan-jogging-lari-membakar-lemak

Memang, andai kita tidak terbiasa berlari tanpa alas kaki, kita akan merasa sakit dan nyeri di bagian kaki begitu pertama kali mencobanya. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang menyebutkan jika andai kita sebelumnya memakai alas kaki layaknya sepatu lari, maka kita akan mengalami shock setiap kali kita menghentakkan kaki. Hal ini dikarenakan saat kita memakai sepatu yang nyaman dan empuk, kita akan cenderung melakukan heel strike, sebuah kondisi dimana kita membanting tumit kaki pada tanah setidaknya 1.000 kali setiap jarak satu mil kita berlari. Berlari dengan memakai gaya heel strike ini ternyata bisa membuat tekanan yang sangat besar dan cepat di sekujur tubuh.

Hal yang berbeda terjadi pada mereka yang berlari tanpa memakai alas kaki dimana kaki justru didaratkan dengan lebih lentur dan dihentakkan dengan lebih lembut. Pakar kesehatan Daniel Lieberman yang juga berasal dari Harvard University menyebutkan jika teknik berlari yang dipakai mereka yang sudah terbiasa tidak memakai alas kaki justru akan lebih aman untuk dilakukan tanpa membuat kaki kita mengalami tekanan dengan besar sehingga tidak akan mudah terasa sakit.

Baca Juga:  Microwave Picu Kanker dan Kemandulan?

Hanya saja, ada efek samping dari berlari tanpa alas kaki ini. Selain adanya resiko terkena benda tajam yang membuat kaki terluka, kita juga bisa memicu kapalan yang tentu akan membuat tampilan kaki menjadi kurang baik.