Apakah Alergi Telur Bisa Hilang Dengan Cara Sering Mengkonsumsinya?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang menganggap remeh alergi telur. Menurut mereka, asalkan kita mau mencoba untuk mengkonsumsi telur ini sedikit demi sedikit, maka alergi pada telur akan bisa disembuhkan. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, hal ini ternyata tidak benar adanya. Alih-alih membuat penderita alergi telur sembuh, memaksanya untuk memakan telur justru bisa membuatnya lebih menderita.

doktersehat-telur-wanita

Pakar kesehatan alergi dan imunologi anak dari rumah sakit Hasan Sadikin Bandung bernama dr. Budi Setiabudiawan menyebutkan bahwa mereka yang memiliki alergi memang sebaiknya menghndari allergen atau apapun yang bisa memicu alerginya. Hal ini berarti, andai anak mengalami alergi pada telur atau udang, maka jangan sekalipun memaksa mereka untuk mengkonsumsinya dengan dalih ingin membuat alergi tersebut sembuh. Jika anak diminta untuk sedikit demi sedikit mengkonsumsi makanan yang bisa memicu reaksi alergi tersebut, bisa jadi Ia akan mengalami masalah pada kulit, saluran pencernaan, atau bahkan pada saluran pernafasannya. Hal ini tentu tidak bisa kita sepelekan, bukan?

Cukup banyak orang tua yang ternyata tidak menyadari akan alergi yang diderita oleh buah hatinya sehingga berpikir bahwa anak hanya tidak doyan dengan beberapa jenis makanan tertentu. Padahal, andai kita mau mencermati, anak memang bisa mengalami alergi layaknya muncul kulit gatal-gatal atau kemerahan setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Selain itu, sebagian orang tua juga cenderung sembarangan saat mengenali alergi pada anaknya. Sebagai contoh, ada anak yang mengalami gatal-gatal dan orang tua langsung menganggapnya memiliki alergi pada makanan tertentu. Padahal, bisa jadi hal ini justru disebabkan oleh tungau pada kasur atau karpet di rumah.

Jika kita mencurigai anak mengalami gejala alergi, jangan ragu untuk segera memeriksakan anak ke dokter sehingga kita bisa tahu apakah anak terkena alergi atau tidak. Jika iya, ada baiknya kita menghindarkan berbagai benda yang bisa memicu alergi padanya agar Ia tidak menderita.