Apakah Ada Cara Untuk Mengatasi Sering Pipis Saat Hamil?

DokterSehat.Com – Fase kehamilan tentu akan membuat banyaknya perubahan pada seorang wanita. Salah satunya adalah kecenderungan sebagian ibu hamil untuk sering buang air kecil. Selain merepotkan karena harus bolak-balik ke kamar mandi, ibu hamil juga bisa khawatir andai air seni bisa saja keluar saat, batuk, bersin, atau bahkan tertawa geli. Biasanya, kebiasaan sering pipis ini terjadi pada fase trimester terakhir dan juga awal-awal kehamilan. Sebenarnya, apa sajakah pemicu dari seringnya ibu hamil buang air kecil?

doktersehat-wanita-hamil-senam

Pakar kesehatan menyebutkan jika perubahan hormon menjadi pemicu utama mengapa ibu hamil menjadi sering buang air kecil. Perubahan hormon ini akan membuat ginjal lebih keras bekerja membuang berbagai zat yang kurang berguna dalam tubuh. Tak hanya itu, karena adanya pertumbuhan janin di dalam tubuh ibu, maka janin ini akan menekan kandung kemih yang pada akhirnya membuat ibu lebih sering merasa ingin buang air kecil, apalagi jika kehamilan suda mencapai fase trimester terakhir dimana janin sudah berada dalam posisi bawah, biasanya ibu hamil akan merasa lebih sering ingin buang air kecil.

Andai ibu hamil ingin menurunkan keinginan buang air kecil, ada baiknya melakukan beberapa hal berikut:

  • Ada baiknya ibu hamil tidak terlalu banyak minum sebelum tidur sehingga tidur tidak terganggu dengan keinginan untuk buang air kecil.
  • Cobalah untuk menghindari minuman berkafein layaknya teh, kopi, atau minuman bersoda. Minuman-minuman ini diyakini akan menambah keinginan untuk buang air kecil.
  • Saat buang air kecil, ada baiknya ibu hamil memastikan buang air kecilnya tuntas tak tersisa. Selain itu, ada baiknya ibu tidak mencoba untuk menahan buang air kecil yang ternyata bisa memicu keinginan berlebih untuk buang air kecil di lain waktu.
  • Jika diperlukan, cobalah untuk melakukan senam kegel yang diyakini mampu melatih otot-otot di sekitar area kewanitaan sehingga ibu hamil lebih baik dalam mengendalikan keinginan buang air kecil yang berlebihan.
Baca Juga:  Penurunan Daya Ingat Di Masa Kehamilan

Andai rasa buang air kecil ini berlangsung terlalu sering dan disertai dengan sensasi perih, ada baiknya ibu hamil juga memeriksakan kondisi ini ke dokter karena bisa jadi ada masalah yang lebih serius layaknya infeksi saluran kemih atau bahkan diabetes.