Apa yang Terjadi Pada Vagina Setelah Melahirkan Anak?

DokterSehat.Com – Mendapatkan kehamilan dan memiliki anak adalah hal yang wajar terjadi pada wanita selama menjalani kehidupan. Meskipun banyak orang yang menyebutkan bahwa fase kehidupan ini bisa membuat wanita tak lagi secantik saat Ia masih gadis, dalam realitanya kaum hawa menganggap bahwa hadirnya buah hati akan melengkapi kehidupannya dan membuatnya lebih berbahagia.

doktersehat-wanita-vagina-celana-dalam-Herpes-Genital-infeksi-menular-seksual

Cukup banyak orang yang penasaran dengan kondisi vagina wanita setelah melahirkan anak. Bagaimana tidak, vagina tidak memiliki ukuran yang besar dan harus dipaksa untuk mengeluarkan bayi yang berukuran cukup besar saat melahirkan. Sebagai informasi, ukuran diameter rata-rata organ vital wanita ini hanya 2,1 cm hingga 3,5 cm, jauh lebih kecil dari ukuran kepala bayi yang biasanya sekitar 11 cm dan terkadang bisa lebih besar. Apakah setelah melahirkan vagina wanita akan menjadi lebih longgar dan tidak lagi sekencang sekencang layaknya sebelum memiliki anak?

Pakar kesehatan dr Shoer Elneil menyebutkan bahwa kaum hawa memang memiliki tubuh yang luar biasa. Salah satu bagian tubuh yang luar biasa tersebut adalah vagina. Tak disangka, vagina ternyata sangat elastis sehingga bisa melonggar dan terbuka, khususnya saat harus melahirkan buah hatinya. Memang, setelah melahirkan, vagina akan mengalami memar atau pembengkakan. Namun, kedua hal ini akan mereda beberapa hari setelah melahirkan. Tak hanya itu, vagina juga akan terasa sakit setelah melahirkan, namun, 6 hingga 12 minggu kemudian kondisi vagina akan cenderung menjadi normal kembali.

Bentuk vagina wanita yang sudah pernah melahirkan tentu saja tidak akan sama lagi seperti bentuk sebelumnya, namun, jika kaum hawa rutin melakukan senam kegel atau latihan dasar panggul, maka otot vagina akan lebih kencang sehingga mereka pun akan lebih baik dalam mencegah masalah kesehatan inkontinensia.