Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita kekurangan Vitamin?

Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin. Tanpa adanya vitamin, berbagai sistem yang berjalan pada tubuh pun bisa mengalami gangguan, meskipun seringkali kita tidak akan terserang berbagai penyakit berbahaya. Namun, untuk mendapatkan tubuh yang tetap sehat dan bugar, kita tentu harus memenuhi asupan vitamin setiap hari. Berikut adalah hal-hal yang terjadi pada tubuh jika kita mengalami kekurangan vitamin.

doktersehat-sakit-gigi-sariawan-lubang

Masalah kekurangan vitamin seringkali bisa ditandai dengan adanya gangguan pada kulit atau bahkan bibir. Sebagai contoh, jika kita kekurangan vitamin B3, B2, B 12, dan juga ditambah dengan kekurangan zat besi dan juga seng, maka kita akan mengalami rasa layaknya celah pada sudut bibir kita yang terasa tidak nyaman dan perih. Seringkali masalah ini dialami oleh para vegetarian yang memang jika tidak mampu menjaga asupan makanan dengan baik, akan beresiko mengalami kekurangan beberapa nutrisi. Selain mencoba mengkonsumsi kacang-kacangan, cobalah untuk memperbanyak vitamin C yang bisa memperbaiki asupan zat besi dengan lebih baik dan mengurangi gejala celah pada bibir ini.

Kulit pada wajah juga bisa mengalami kulit kemerahan atau bahkan bersisik jika kita kekurangan vitamin B7. Dalam beberapa kasus, kita bahkan bisa mengalami kerontokan pada rambut. Selain itu, wajah juga bisa mengalami jerawat dengan warna kemerahan atau keputihan yang menandakan kita kekurangan vitamin A, vitamin D, hingga asam lemak yang sehat. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengkonsumsi ikan-ikanan layaknya ikan salmon atau sarden, dan juga sayuran layaknya wortel atau ubi.

Tubuh juga bisa mengalami gejala kekurangan vitamin yang ditandakan dengan rasa kesemutan yang parah atau bahkan kram yang bisa terjadi pada kaki atau tangan. Gejala-gejala ini biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin B9, B12, atau bahkan vitamin B6 yang memang memiliki kaitan erat dengan sistem saraf. Selain kesemutan, penderitanya juga bisa mengalami rasa lesu dan anemia. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengkonsumsi bayam, kacang-kacangan, hingga daging unggas. Selain itu, konsumsi buah-buahan layaknya pisang, apel, anggur, hingga buah cherry juga sangat disarankan.