Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin B 12?

DokterSehat.Com – Kita sering kali berpikir jika asalkan kita sudah mengkonsumsi banyak buah-buahan, maka kita telah memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Padahal, vitamin tidak selalu datang dari buah-buahan mengingat beberapa jenis vitamin layaknya vitamin B 12 justru datang dari produk hewani layaknya daging, telur, susu, hingga keju. Sebagaimana jenis vitamin lainnya, vitamin B 12 juga sangatlah penting bagi tubuh dan jika tubuh kekurangan vitamin ini, tentu tubuh kita akan beresiko mengalami beberapa masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-migrain-wanita-sakit-kepala-kekurangan-vitamin-aneurisma

Fungsi utama dari vitamin B 12 adalah dalam hal pembuatan DNA dan juga sel-sel darah merah dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan vitamin B 12 biasanya memiliki masalah kesehatan berupa anemia pernisiosa dimana tubuh tidak mampu menyerap vitamin B 12, gastritis atrofi, sebuah kondisi dimana lapisan perut cenderung menipis, atau bahkan beberapa penyakit pada usus layaknya penyakit crohn, penyakit celiac, dan juga masalah pada sistem imun tubuh. Gejala awal dari tubuh yang kekurangan vitamin B 12 biasanya identik dengan gejala dari penyakit anemia yakni layaknya mudahnya tubuh merasa lelah, lesu, dan pusing. Selain kulit tubuh yang cenderung mudah pucat, nafas pun akan cenderung lebih pendek dengan detak jantung yang berdebar kencang. Dalam beberapa kasus, defisiensi vitamin B 12 bahkan bisa memicu lidah dan perut yang terasa tidak enak, mudahnya badan mengalami memar-memar atau pendarahan, serta penurunan berat badan, diare, hingga sembelit.

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jika masalah kekurangan vitamin B 12 adalah karena kita yang kekurangan makanan yang memiliki banyak kandungan tersebut, maka kita pun bisa mencoba untuk mengubah pola makan atau menambah suplemen agar kebutuhan vitamin B 12 terpenuhi. Sayangnya, jika anda adalah penderita anemia pernisiosa yang membuat tubuh kesulitan menyerap vitamin B 12, maka ada baiknya anda meminta suntikan atau resep khusus dokter yang bisa membantu tubuh anda menyerap vitamin ini. Anda yang memilih menjadi vegetarian pun tidak perlu khawatir, kini banyak produk makanan layaknya sereal dan multivitamin yang sudah kaya akan vitamin B 12 sehingga anda pun hanya tinggal mengubah sedikit kebiasaan makan anda.