Apa Yang Terjadi Jika Terlalu Banyak Polusi di Dalam Ruangan?

DokterSehat.Com – Kita seringkali mengasosiasikan polusi udara dengan kondisi yang ada di luar ruangan. Padahal, kondisi udara di dalam ruangan, khususnya di rumah kita juga bisa mengalami polusi. Sebagai contoh, jika kita jarang membersihkan lantai atau dinding rumah, maka akan ada banyak sekali debu yang beterbangan di dalam ruangan. Selain itu, asap yang dihasilkan saat kita memasak hingga kebiasaan merokok di dalam ruangan juga bisa membuat udara di dalam ruangan penuh dengan polusi. Apakah polusi di dalam ruangan ini juga akan berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh?

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

Pakar kesehatan menyebutkan jika polusi udara yang ada di dalam ruangan seringkali kita abaikan. Padahal, polusi udara layaknya debu di dalam ruangan ternyata juga sama berbahayanya jika dibandingkan dengan polusi dari luar ruangan. Debu dan polutan di dalam ruangan akan cenderung berukuran jauh lebih kecil, yakni sekitar 10 mikron, yang tentu akan bisa menjangkau saluran pernafasan hingga ke bagian paling dalam, yakni alveolus. Debu dan polutan ini seringkali tidak terlihat sehingga tanpa sadar kita akan mendapatkan beberapa penyakit saluran pernafasan layaknya rhinitis allergic, flu, asma, dan juga masalah sinus.

Pakar kesehatan telah menekankan pentingnya membersihkan dinding, lantai, atau bahkan langit-langit di dalam ruangan untuk menurunkan resiko terkena gangguan pernafasan karena polusi ini. Selain itu, jangan lupakan kebersihan perabotan hingga furniture yang tersedia di dalam rumah. Debu dan polutan pun akan tidak mudah menumpuk dan menyebabkan gangguan pernafasan. Jika anda memiliki anak kecil, maka pembersihan pun harus dilakukan dengan lebih sering untuk mencegah gangguan pernafasan pada sang buah hati. Hanya saja, pastikan juga bahwa anda memakai masker penutup hidung selama proses pembersihan karena pasti akan ada banyak debu berterbangan selama proses pembersihan berlangsung.