Apa yang Terjadi Jika Orang Dewasa Minum ASI?

DokterSehat.Com– Air Susu Ibu (ASI) sudah dikenal luas sebagai minuman yang sangat dibutuhkan oleh bayi agar bisa tumbuh dengan maksimal. ASI memiliki nilai gizi yang jauh lebih tinggi dari susu jenis apapun sehingga membuat banyak orang yang penasaran apa yang terjadi jika orang dewasa mengkonsumsi minuman bergizi ini?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa kandungan utama dari ASI yang bisa kita temukan seperti sebagai berikut.

Protein
Protein pada ASI berupa whey dan kasein jauh lebih tinggi dari yang ada pada susu formula sehingga bisa mendukung perkembangan bayi.

Lemak
ASI juga kaya akan kandungan lemak sehat yang bisa mendukung perkembangan otak, penyerapan vitamin yang larut, dan sumber kalori.

Vitamin
ASI kaya akan vitamin dan mineral yang sangat penting bagi perkembangan dan sistem kekebalan tubuh bayi seperti vitamin A, B, C, dan E. Tak hanya itu, ASI juga kaya akan kandungan asam folat yang bisa mendukung perkembangan otak bayi.

Karbohidrat
Laktosa adalah sumber karbohidrat utama dalam ASI. Nutrisi ini mampu menurunkan jumlah bakteri jahat dalam perut sekaligus mendukung penyerapan kalsium, magnesium, dan fosfor.

Immunoglobin
Kandungan Immunoglobin dalam ASI mampu membentuk antibodi permanen pada tubuh bayi yang akan berperang melawan infeksi sepanjang usianya. Karena alasan inilah ASI sangat direkomendasikan pada bayi hingga setidaknya berusia 6 bulan.

Mencegah kanker
ASI memiliki kandungan human alpha-lactalbumin made to lethal to tumour cells atau HAMLET yang bisa membunuh sel kanker. Dalam Journal of Cancer, disebutkan bahwa kandungan HAMLET ini bisa melindungi ibu dari datangnya kanker rahim dan kanker ovarium.

Melihat adanya berbagai nutrisi menyehatkan ini, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ASI sebenarnya tidak akan memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh orang dewasa. Hanya saja, hingga saat ini, belum ada bukti yang kuat bahwa orang dewasa yang minum ASI juga akan mendapatkan efek positif bagi kesehatannya. Karena alasan inilah ASI memang tidak perlu diminum oleh orang dewasa.