Apa yang Terjadi Jika Kita Malas Meminum Susu?

DokterSehat.Com – Masyarakat Indonesia tentu sudah mengenal luas konsep makanan empat sehat lima sempurna sebagai panduan pola makan sehat sehari-hari. Sebagai penyempurna konsep pola makan sehat ini, masyarakat diminta untuk meminum susu secara rutin setiap hari. Sayangnya, banyak masyarakat Indonesia yang malas mengkonsumsi susu karena dianggap tidak begitu penting. Sebenarnya, adakah efek kesehatan yang akan kita dapatkan andai kita malas meminum susu?

doktersehat-susu-cokelat-setelah-gym-fitnes-otot

Pakar kesehatan menyebutkan jika dari data tahun 2012 saja, konsumsi susu per kapita masyarakat Indonesia hanyalah 14,6 liter untuk setiap tahunnya. Bahkan, dr. Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO menyebutkan jika pada tahun 2016 ini, konsumsi susu di Indonesia menurun jauh hingga 7,7 liter per kapita setiap tahunnya. Angka ini jauh tertinggal dari angka konsumsi susu negara tetangga layaknya Malaysia yang mencapai 22,1 liter untuk setiap kapita per tahunnya, apalagi jika dibandingkan dengan negara-negara maju yang sudah membiasakan konsumsi susu sebagai pola makan sehat harian.

Dr. Wishnu menyebutkan jika andai kita malas meminum susu, maka dikhawatirkan kita akan kekurangan asupan kalsium harian yang sangat penting bagi kesehatan tulang. Sebagai informasi, setiap harinya orang dewasa membutuhkan 1000-1.200 mg asupan kalsium. Andai kita malas meminum susu, kita hanya akan memenuhi 400-600 mg kalsium saja. Memang, ada beberapa makanan yang kaya akan kalsium layaknya sayuran hingga ikan yang bisa mengganti asupan kalsium dari susu. Namun, kebanyakan dari kita tidak akan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut setiap hari, bukan?

Bagi kaum hawa, susu adalah asupan yang sangat penting bagi kesehatan tulangnya mengingat mereka beresiko besar mengalami penurunan kepadatan tulang dan masalah osteoporosis di usia tua. Dr. Wishnu menyebutkan jika setelah usia 30 tahun, usia puncak kepadatan tulang, kaum hawa harus lebih baik dalam menjaga kepadatan tulangnya agar tidak mengalami masalah osteoporosis di masa depan. Caranya? Tentu saja dengan rutin mengkonsumsi susu setiap hari selain menerapkan pola makan yang sehat.