Apa Yang Terjadi Jika Kita Berhenti Mengkonsumsi Daging

DokterSehat.Com – Sebagian dari masyarakat memilih untuk menjadi vegetarian atau hanya mengkonsumsi makanan dari bahan nabati saja. Pilihan untuk menjadi vegetarian ini beragam. Ada yang memang tidak lagi ingin mengkonsumsi makanan yang berasal dari mahluk hidup karena tidak tega dan juga ada yang menjadi vegetarian karena merasa pilihan ini akan jauh lebih baik bagi tubuh. Pakar kesehatan masih ada terbelah mengenai baik atau tidak menjadi seorang vegetarian. Ada yang berpikir bahwa manusia masih membutuhkan kandungan baik dari daging meskipun ada yang berkata bahwa banyak nutrisi dari daging yang bisa digantikan oleh makanan nabati. Berikut adalah yang akan terjadi jika kita benar-benar berhenti mengkonsumsi daging dalam waktu yang lama.

doktersehat-sayur-sehat

Hal pertama yang akan terjadi pada tubuh seorang vegetarian adalah penurunan berat badan. Hal ini normal adanya karena salah satu nutrisi dari daging bisa membuat berat badan stabil atau bahkan bertambah. Beberapa orang yang ingin melakukan diet bahkan rela untuk menjadi vegetarian untuk sementara waktu hanya untuk mendapatkan berat badan yang lebih ideal.

Saat tubuh tidak lagi mengkonsumsi daging, maka kita tentu akan kehilangan protein yang ada dari makanan daging. Memang, protein juga bisa kita dapatkan dari makanan nabati. Namun, karena tubuh telah terbiasa memiliki enzim pencernaan yang terbagi untuk kedua jenis protein tersebut, maka bakteri-bakteri pencerna pada usus pun bisa mengalami perubahan sehingga akan semakin banyak bakteri pencerna makanan nabati yang cenderung lebih sehat di dalam tubuh. Selain baik bagi saluran pencernaan, menjadi vegetarian ternyata juga bisa mencegah resiko terkena penyakit jantung. Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 76.000 partisipan baik pria maupun wanita ternyata menunjukkan bahwa vegetarian memiliki penurunan resiko terkena kematian akibat penyakit jantung iskemik hingga 24 persen!

Baca Juga:  Trichotillomania, Kelainan Keinginan Berlebihan Mencabuti Bulu

Daging memiliki banyak asupan seng yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa 50 persen kandungan seng yang dibutuhkan tubuh dalam sehari bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daging. Jika kita menghentikan asupan daging, otomatis tubuh akan kekurangan kandungan seng dan cenderung akan lebih tidak peka terhadap rasa masakan.