Apa Yang Terjadi Jika Kita Banyak Berkeringat di Malam Hari?

DokterSehat.Com – Keringat adalah sebuah proses alami yang terjadi pada tubuh, khususnya jika kita melakukan aktivitas yang melelahkan atau saat suhu sedang sangat panas-panasnya. Namun, kadangkala kita kerap mengeluarkan banyak keringat justru di malam hari dimana suhu biasanya tidak terlalu tinggi. Bakan, keringat ini bisa membasahi seluruh pakaian dan tempat tidur. Apakah hal ini termasuk berbahaya bagi kesehatan tubuh?

doktersehat-panas-malam-hari-hot-flashes-menopause

Pakar kesehatan Tim Legg, PhD, yang berasal dari Masters of Medical Science menyebutkan jika kita banjir keringat di malam hari, khususnya saat kita tidur, maka kita harus mewaspadai adanya gejala awal dari tumor karsinoid, kanker tulang, kanker hati, limfoma, leukimia, hingga mesothelioma. Memang, penyebab utama dari munculnya keringat berlebihan saat malam hari ini masih menjadi perdebatan banyak pakar, namun, ada kemungkinan ini adalah mekanisme alami tubuh dalam memerangi penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kanker bisa memicu demam dan akhirnya tubuh berusaha mendinginkan tubuh dengan cara banyak mengeluarkan keringat.

Legg juga mengungkapkan jika ada teori yang menyebutkan jika ada kemungkinan banyaknya keringat di malam hari ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuh. Namun, mengingat adanya kecenderungan keringat bisa muncul di malam hari bagi mereka yang melakukan kemoterapi atau pengobatan kanker, maka bisa jadi munculnya keringat pada malam hari ini disebabkan oleh penyakit yang sama.

Selain kanker, bisa jadi keringat di malam hari ini disebabkan oleh kondisi kehamilan yang meningkatkan kadar hormon dan aliran darah, adanya infeksi bakteri yang memicu penyakit layaknya tuberkulosis, kondisi gula darah rendah, kondisi tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroidisme, kegelisahan berlebihan, hingga kondisi hiperhidrosis yang merupakan kondisi dimana tubuh mengelaurkan keringat berlebihan tanpa sebab. Satu hal yang pasti, kondisi ini harus segera diperiksakan ke dokter jika berlangsung dalam waktu lama karena bisa jadi adalah tanda adanya penyakit berbahaya.