Apa Yang Terjadi Jika Alat Kelamin Pria Tidak Dijaga Kebersihannya?

DokterSehat.Com – Sebagian pria cenderung tidak begitu mempedulikan kebersihan alat kelaminnya. Bagi mereka, mandi dua kali sehari dianggap sudah lebih dari cukup untuk menjaga kebersihan pada organ vital. Padahal, area ini memiliki resiko mendapatkan kelembaban yang berlebihan karena hampir setiap saat terkurung dalam pakaian, bahkan kala di waktu tidur. Apa yang akan terjadi jika alat kelamin pria tidak dibersihkan dengan benar?

doktersehat-kesehatan-penis-obat-oles-Priapismus

Alat kelamin pria yang tidak bersih akan bisa memicu penumpukan smegma, tumpukan dari sel-sel kulit mati yang memang cenderung tidak akan terlihat dengan kasat mata. Smegma yang terus menumpuk akan tercampur dengan keringat dan juga minyak alami yang diproduksi pada kulit. Memang, smegma ini sebenarnya tidak begitu berbahaya dan bisa menjadi semacam pelumas alami saat pria melakukan hubungan intim dengan pasangannya. Pelumas ini bisa mencegah iritasi saat melakukan penetrasi. Hanya saja, bukan berarti smegma yang semakin menumpuk tidak berbahaya bagi kesehatan.

Semakin menumpuknya smegma bisa menyebabkan alat kelamin pria akan terasa sakit saat mendapatkan ereksi, khususnya di pagi hari. Selain itu, jika digunakan saat berhubungan intim, organ vital wanita juga bisa terkena dampak negatif berupa klitoris yang semakin mudah lengket dan menutup. Bagi pria sendiri, smegma yang semakin menumpuk bisa memicu peradangan dan juga bau yang sangat tidak sedap jika dibiarkan begitu saja.

Untuk mencegah adanya iritasi pada kepala penis yang disebabkan oleh tumpukan smegma, maka pria pun disarankan untuk membersihkan alat kelaminnya dengan teratur setiap hari. Selain dibersihkan saat mandi, area alat kelamin juga sebaiknya dibasuh dengan air hangat setidaknya setiap hari, apalagi jika pria tersebut tidak pernah disunat. Jangan gunakan sabun yang memiliki bau atau kandungan kimia yang terlalu tajam karena area alat kelamin cenderung sangat sensitif dan harus dibersihkan dengan lebih hati-hati.