Apa Yang Sebenarnya Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Tertidur?

DokterSehat.Com – Tidur adalah sebuah mekanisme alami yang terjadi pada tubuh kita sebagai cara agar tubuh kita melakukan regenerasi sel-sel dan proses detoksifikasi. Yang menarik adalah, tidur bisa membuat kita benar-benar tidak sadarkan diri dalam waktu yang lama. Banyak penelitian yang dilakukan untuk meneliti apa yang terjadi pada saat kita tertidur dan apa faedahnya bagi kesehatan kita. Sebenarnya, apa sajakah yang terjadi pada tubuh kita saat kita tertidur?

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Hal pertama yang terjadi pada tubuh saat kita tertidur adalah detak jantung kita akan cenderung jauh lebih melambat. Hal yang sama juga berlaku pada pernafasan kita yang juga jauh lebih melambat. Kedua hal ini berpengaruh besar pada sistem peredaran darah pada tubuh dan membuat pikiran kita lebih tenang dan rileks selama waktu tidur. Tak hanya itu, suhu tubuh kita juga akan cenderung menurun demi mengikuti jam sirkadian tubuh. Menurunnya suhu tubuh ini ditengarai sebagai proses alami tubuh untuk menghemat energi dimana tubuh biasanya melakukan proses alami detoksifikasi dan regenerasi sel selama tidur.

Saat kita tertidur, tubuh ternyata melakukan sebuah proses alamiah yang memungkinkan kita mendapatkan kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. Berbagai racun dan radikal bebas dinetralisir atau bahkan dikeluarkan dari tubuh selama kita tertidur. Selain itu, otak akan memproduksi hormon yang akan melakukan pertumbuhan atau regenerasi jaringan sehingga jika ada otot-otot yang nyeri, maka otot ini akan segera pulih.

Saat kita tertidur, kita juga akan mengalami peningkatan produksi kolagen yang ada pada kulit kita. Produksi kolagen ini berimbas pada semakin baiknya pembuluh darah, khususnya yang menuju kulit dan membuat kulit kita menjadi lebih elastis dan sehat. Karena alasan inilah banyak orang yang kurang tidur akan cenderung memiliki kulit yang kusam dan terlihat tidak segar.