Apa Yang Perlu Dipersiapkan Ibu Hamil Sebelum Melahirkan?

DokterSehat.Com – Jika kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, maka ibu hamil pun akan mulai berharap untuk bisa melakukan persalinan dengan aman sehingga bayi yang dilahirkan nanti bisa selamat dan sehat sebagaimana ibu sendiri. Hanya saja, proses persalinan bukanlah proses yang mudah untuk dilakukan sehingga ibu hamil pun harus mempersiapkannya dengan baik. Selain masalah mental, ibu hamil juga bisa mempersiapkan tubuhnya agar tetap sehat dan kuat untuk melakukan persalinan.

shutterstock_155812274 copy

Hal pertama yang harus dilakukan ibu hamil tentu saja adalah memeriksakan kesehatan kandungannya. Ibu hamil bisa melakukan pemeriksaan setiap bulan sehingga ibu hamil bisa memastikan kesehatan janin dan juga kesehatan ibu hamil sendiri. Jika ada keluhan tentang kehamilan, maka ibu hamil pun bisa mendapatkan solusi yang tepat sehingga perkembangan janin pun menjadi lebih maksimal. Saat mendekati masa persalinan, ibu hamil sebaiknya sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan sehingga bisa diketahui apakah persalinan nanti harus dilakukan dengan normal atau tidak. Selain itu, tempat persalinan dan perkiraan kelahiran juga bisa diketahui dengan dini sehingga semua keluarga pun bisa mendukung ibu hamil melakukan persalinan.

Dukungan keluarga ternyata sangat penting bagi ibu hamil yang akan segera melahirkan. Selain bisa membuat lebih antusias dan siap, rasa cemas dan stress pada ibu hamil juga akan lebih berkurang karena banyaknya dukungan ini. Keluarga yang siap mendampingi dan membantu ibu hamil sebelum dan saat melakukan persalinan tentu akan membuat psikologis dan mental ibu hamil lebih tenang dan persalinan pun akan bisa dilakukan lebih aman.

Secara fisik, ibu hamil bisa mempersiapkan masa persalinan dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang layaknya sayuran, daging, dan juga buah-buahan. Jika diperlukan, nutrisi layaknya susu, vitamin, dan juga pil penambah darah bisa membuat kesehatan ibu hamil semakin baik. Ibu hamil juga bisa melakukan senam hamil yang bisa membuat persalinan bisa dilakukan tanpa adanya masalah. Senam hamil sendiri bisa menjaga kebugaran ibu hamil sehingga secara fisik ibu hamil akan siap melakukan persalinan. Selain senam, ibu hamil juga bisa mempelajari proses persalinan secara umum sehingga saat masa persalinan nanti ibu hamil tidak akan mudah panik dan mengerti tentang aba-aba yang bisa dilakukan ibu hamil selama masa persalinan sehingga baik bayi yang dilahirkan maupun ibunya akan sehat dan juga selamat.