Apa yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mengatasi Kulit yang Terbakar

DokterSehat.Com – Bagi kita yang memiliki hobi berenang di kolam renang outdoor atau yang banyak melakukan aktifitas di luar ruangan, tentu akan cukup sering mengalami masalah kulit yang terbakar. Paparan sinar matahari yang sangat panas memang akan membuat kulit kita lebih mudah terbakar. Hal ini jelas akan berpengaruh besar pada kesehatan dan kecantikan kulit kita. Lantas, adakah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kulit yang terbakar ini?

doktersehat-dermatitis-kontak-Porfiria-kanker-kulit

Pakar kesehatan kulit menyebutkan jika hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan fokus pada proses pendinginan dan perawatan pada kulit. Meskipun terlihat sepele, cobalah untuk memenuhi asupan air putih dengan cukup setiap hari yang memang akan berpengaruh besar pada keseahtan kulit. Selain itu, kompreslah bagian kulit yang terasa terbakar dengan air dingin selama 10 hingga 15 menit setiap harinya.

Setelah kulit menjadi lebih dingin, cobalah untuk mengaplikasikan pelembab pada area kulit yang telah terbakar oleh sinar matahari. Kulit yang terbakar oleh paparan sinar matahari biasanya akan terasa sakit dengan sensasi perih yang bertahan cukup lama. Dengan adanya pelembab, rasa nyeri ini biasanya akan segera menurun dengan signifkan. Pelembab alami layaknya yang terbuat dari bahan lidah buaya juga sangat direkomendasikan untuk diaplikasikan pada kulit yang terbakar.

Kulit yang terbakar oleh sinar matahari ternyata sedang mengalami iritasi yang cukup parah sehingga cukup sensitif dengan adanya bahan kimia. Hal ini berarti, ada baiknya kita menghindari pemakaian sabun terlebih dahulu jika kondisi kulit masih terasa nyeri karena terbakar. Jika mampu, pilihlan sabun dengan bahan kimia yang lebih lembut atau terbuat dari bahan alami. Selain itu, cobalah untuk tidak menggosok kulit dengan keras pada bagian kulit yang terbakar ini.