Apa yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mengatasi Kulit Kering?

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan kulit yang cukup mengganggu adalah kulit kering. Bagaimana tidak, kulit kering akan membuat tampilan kulit kita tidak segar dan bahkan terkadang bisa membuatnya terlihat lebih bersisik atau mudah terkelupas. Selain itu, kadangkala kulit kering bisa memancing kita untuk menggaruknya sehingga yang terjadi adalah, kulit akan mudah terkena lecet-lecet yang beresiko meninggalkan bekas luka yang tentu akan semakin memperburuk penampilan kulit kita.

doktersehat-kulit-keriput-sinar-ultraviolet-kanker

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada banyak faktor yang menyebabkan masalah kulit kering. Sebagai contoh, kita salah memakai sabun yang terbuat dari bahan yang ternyata tidak cocok dengan kondisi kulit kita. Selain itu, berada di ruangan yang dingin atau yang memakai AC dalam waktu yang lama juga bisa memicu masalah kulit kering ini. Lantas, apakah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah kulit kering?

Mengganti sabun dengan yang memiliki pH tinggi
Salah satu penyebab kulit kering adalah sabun yang tidak cocok dengan kondisi kulit kita. Hal ini berarti, hal pertama yang harus kita perhatikan adalah pemilihan sabun yang kita pakai saat mandi atau mencuci muka. Cobalah untuk menggunakan sabun dengan angka pH yang cenderung tinggi karena diyakini mampu memberikan perlindungan maksimal bagi kulit kering. Andai kita membutuhkan sabun batangan untuk mandi, pastikan sabun ini cukup lembut bagi kulit kita saat digunakan.

Memakai pelembab
Kita cukup beruntung karena kini banyak sekali produk pelembab atau bodylotion yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko atau pasar swalayan. Produk pelembab ini diyakini akan membantu mengatasi masalah kulit kering.

Memasang pelembab udara di dalam rumah
Andai udara di dalam rumah kita cenderung kering, ada baiknya kita memasang pelembab udara atau humidifier di dalam rumah. Biasanya, peralatan ini bisa diatur tingkat kelembapannya sehingga kulit kita pun tidak akan mudah terkena masalah kulit kering.