Apa Yang Bisa Kita Lakukan Jika Terbangun di Tengah Malam dan Sulit Tidur Kembali?

DokterSehat.Com – Tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas setiap malamnya. Sebagian dari kita bahkan bisa tiba-tiba terbangun di tengah malam dan sulit untuk terpejam kembali. Selain karena adanya mimpi buruk, seringkali kita terbangun karena ingin buang air kecil atau mendengar suara-suara keributan layaknya yang dibuat oleh hewan di malam hari. Jika kita tak segera tidur, tentu kita akan kekurangan waktu tidur dan beresiko akan mengantuk di sepanjang hari esok. Lantas, apa yang bisa kita lakukan agar kita bisa tidur kembali?

doktersehat-couple-pasangan-ngorok-tidur

Ada beberapa cara agar kita bisa segera tidur kembali dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk berusaha tidur kembali. Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak melihat jam. Seringkali begitu kita terbangun, hal pertama yang akan kita cari adalah gadget atau jam. Padahal, dengan melihat jam, kita membuat otak menjadi lebih aktif dan pada akhirnya susah untuk terpejam kembali. Untuk memastikan kita tak lagi melihat jam, tempatkan jam di luar kamar tidur dan jauhkan gadget dari jangkauan tangan kita selama malam hari.

Meskipun terbangun di tengah malam, bukan berarti kita harus menyalakan lampu. Jagalah kamar dalam kondisi yang gelap atau remang-remang. Bahkan, andai kita ingin ke kamar mandipun, usahakan agar lampu yang kita gunakan tidak terlalu terang. Dengan menjaga kamar dalam kondisi remang atau gelap, maka kita bisa membuat tubuh tetap dalam kondisi mengantuk sehingga kita pun akan lebih mudah kembali memejamkan mata. Selain itu, cobalah untuk tidak berpikir banyak hal. Berusahalah untuk menikmati kondisi kamar tidur sehingga kita bisa segera tidur kembali.

Baca Juga:  Mengatasi Kulit Dengan Pori-Pori Besar

Andai cara-cara di atas sama sekali tidak mempan, maka ada baiknya kita segera berpindah ke kamar lain atau tempat lain untuk tidur. Suasana baru yang lebih nyaman diharapkan bisa membuat kita terpejam kembali dan tetap menjaga kualitas tidur.