Apa Yang Bisa Kita Lakukan Jika si Kecil Enggan Minum Susu?

DokterSehat.Com – Entah darimana awalnya, namun anak kecil memang memiliki kecenderungan untuk cukup banyak mengkonsumsi susu jika dibandingkan dengan kita yang berusia lebih tua. Memang, susu memiliki banyak nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan sekaligus membantu pertumbuhan fisik sang buah hati. Rasa dari susu yang diperuntukkan bagi anak juga cenderung nikmat dan mudah disukai anak-anak. Sayangnya, ada beberapa anak yang justru enggan minum susu karena berbagai alasan sehingga orang tua pun mengkhawatirkan pertumbuhannya. Apa yang bisa dilakukan orang tua jika buah hatinya enggan meminum susu?

7150163611_20833fb17d_k

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada kasus dimana orang tua mengeluhkan anaknya yang mengalami penurunan berat badan akibat tidak mau minum susu. Namun, sebenarnya susu bukanlah minuman yang harus selalu dikonsumsi anak setiap hari. Dr Ghazali dari Kid’s World, pakar kesehatan anak menuturkan jika anak yang sudah melebihi usia satu tahun sudah tidak wajib meminum susu, dengan catatan, anak juga telah memenuhi berbagai nutrisi yang penting bagi pertumbuhannya melalui konsumsi makanan setiap hari. Susu sendiri sebenarnya memiliki peran penyempurna asupan nutrisi setiap hari bagi sang anak.

Dr Ghazali kemudian menuturkan jika anak kemudian enggan meminum susu, maka orang tua pun tidak perlu panik. Satu hal yang pasti harus ditanyakan adalah alasan mengapa anak enggan meminum susu kembali. Sebagai contoh, ada anak yang tidak menyukai rasa terlalu manis yang kerap ditemui pada sebagian besar susu di pasaran, atau bahkan seringkali kita memberi susu saat anak sudah berada dalam kondisi kenyang. Selain itu, ada beberapa anak yang juga mengalami masalah intoleransi laktosa sehingga Ia tidak bisa mengkonsumsi susu.

Baca Juga:  Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Alih-alih memaksa anak meminum susu, ada baiknya orang tua justru mulai memperhatikan asupan harian sang buah hati agar tetap mendapatkan berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan dan pertumbuhannya. Seringkali orang tua beranggapan bahwa anak yang enggan meminum susu akan cenderung kurus, tidak pintar, dan mudah terkena penyakit. Padahal, hal-hal tersebut tidak selalu menandakan anak dalam kondisi yang sehat. Ingatlah bahwa asalkan anak mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang setiap hari, maka pertumbuhan dan kesehatan anaknya tetap akan dalam kondisi yang baik tanpa perlu mengkonsumsi susu.