Apa Yang Bisa Kita Lakukan Jika Balita Muntah dan Diare?

DokterSehat.Com – Setiap orang tua tentu akan panik jika anaknya mengalami masalah muntah-muntah sekaligus diare. Biasanya, orang tua akan segera melaporkan kondisi anaknya ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar anak segera pulih kesehatannya. Selain membawa ke dokter, apa sajakah hal-hal yang bisa kita lakukan saat anak mengalami muntah atau diare?

doktersehat-organ-genital-gatal-penyakit

Muntah-muntah yang terjadi pada balita bisa disebabkan oleh adanya iritasi atau bahkan regurgitasi. Kondisi regurgitasi sendiri adalah kondisi dimana balita makan dengan jumlah yang berlebihan atau mengkonsumsi susu yang kurang cocok. Dalam bebearpa kasus, muntah juga bisa disebabkan oleh gangguan metabolisme atau bahkan keracunan makanan. Sementara itu, diare adalah kondisi dimana buang air besar bisa terjadi cukup sering dan berbentuk cairan. Selain karena faktor penyakit layaknya intoleransi laktosa, diare juga bisa disebabkan oleh bakteri atau kuman.

Jika anak balita mengalami muntah dan diare secara berulang-ulang, maka kita tentu harus segera menghentikan makanan yang padat dan sering-sering memberikan air minum pada balita. Balita yang sering muntah dan diare tentu akan lebih cepat kehilangan cairan sehingga beresiko terkena dehidarsi. Air putih bisa diberikan setidaknya 15 menit sekali untuk mencegah dehidrasi sendiri. Hanya saja, jika memang ada cairan oralit yang bisa menghentikan diare, maka kita pun bisa segera memberikan cairan ini sesuai dengan anjuran.

Sedikit demi sedikit kita bisa memperbaiki asupan makanan balita yang terkena muntah dan diare. Cobalah untuk memberikan makanan yang rendah serat layaknya roti, bubur nasi, kentang rebus, ayam, atau krakers. Makanan-makanan ini diyakini akan mampu meredakan masalah diare. Jika diperlukan, kita bisa memberikan bubur yang diberi wortel parut yang sudah masak yang akan sangat cocok bagi kondisi kesehatan sang buah hati.

Baca Juga:  Kenali Penyebab, Gejala, Dan Penanganan Batu Empedu

Ada baiknya kita menghindari memberikan susu hingga diare dan muntah-muntah mereda. Saluran pencernaan sedang sangat terganggu dalam kondisi ini sehingga susu pun akan tidak akan bisa dicerna dan pada akhirnya tidak dapat dicerna. Selain itu, cobalah untuk tidak memberikan buah-buahan jeruk, lemon dan jeruk nipis. Hindari pula makanan berlemak atau gorengan hingga diare dan muntah-muntah pada balita pun segera mereda.