Apa yang Bisa Kita Lakukan Jika Anak Mengalami Obesitas?

DokterSehat.Com – Ada sebuah anggapan yang sangat tidak benar pada masyarakat dimana kita kerap menganggap anak yang gemuk sebagai anak yang sehat. Padahal, anak yang mengalami masalah kelebihan berat badan akan sama-sama memiliki resiko kesehatan yang besar sebagaimana orang dewasa yang mengalami obesitas. Jika dibiarkan begitu saja, anak akan beresiko tinggi mengalami penyakit berbahaya layaknya diabetes, penyakit jantung, stroke, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Lantas, apakah tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengatasi anak yang mengalami obesitas?

doktersehat-anak-kecil-kegemukan-obesitas

Pakar gisi Elia Indrianingsih dari RS Eka Hospital, BSD, menyebutkan jika orang tua harus menyadari jika anak yang terlalu gemuk sangatlah tidak sehat. Karena alasan inilah orang tua harus pandai-pandai menata pola makan yang sehat dan diet yang seimbang bagi anaknya, bukan hanya memberikan makanan yang kaya lemak atau kaya gula yang biasanya memang disukai oleh anak-anak. Andai anak sudah terlanjur mengalami masalah obesitas, maka ada baiknya orang tua memberikan diet khusus, bukan diet ketat yang justru akan berbahaya bagi pertumbuhan badannya.

Ada kemungkinan anak mengalami obesitas akibat asupan makanan dengan kandungan gizi yang tidak seimbang. Tak hanya itu, kini semakin banyak anak yang kurang gerak karena lebih suka memainkan game di depan komputer atau gadget dan menonton televisi alih-alih bermain di luar rumah. Alhasil, kelebihan energi akan tertimbun menjadi lemak di dalam tubuhnya.

Untuk menurunkan berat badan anak, ada baiknya kita mulai menerapkan makanan yang sehat setiap hari. Namun, ada baiknya kita menurunkan asupan camilan dan minuman manis layaknya bisuit, donat, kue, hingga minuman botolan yang memang sangat kaya akan kandungan gula. Cobalah untuk mengganti camilan ini dengan buah-buahan dan biasakan anak untuk memakan sayur. Jika perlu, ajaklah anak untuk berolahraga yang menyenangkan layaknya bermain sepakbola atau berenang sehingga mereka pun lebih banyak bergerak dan mampu menurunkan berat badannya.