Apa Sih yang Dimaksud Dengan Sewa Rahim?

DokterSehat.Com– Belakangan ini, bahasan tentang sewa rahim cukup hangat di tengah-tengah masyarakat. Hal ini disebabkan oleh pendapat yang dikemukakan oleh presenter Jeremy Teti yang menyebutkan bahwa kaum LGBT bisa mendapatkan keturunan dengan cara melakukan sewa rahim. Sebenarnya, seperti apa sih yang dimaksud dengan sewa rahim tersebut?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sewa rahim atau surrogate mother atau ibu pengganti adalah proses yang membuat seseorang menyewakan rahimnya agar bisa mengandung anak dari orang lain. Wanita yang menjalani proses kehamilan ini akan mendapatkan bayaran dari pasangan yang kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Meskipun telah sering dilakukan oleh sebagian pesohor seperti pesepakbola Cristiano Ronaldo atau Kim Kardashian dan Kanye West, sewa rahim ternyata masih menjadi hal yang kontroversial di berbagai belahan dunia.

Human Fertilization and Embryology Authoroty dari Inggris menyebutkan bahwa praktek sewa rahim ini seringkali dilakukan oleh pasangan yang tidak bisa mendapatkan kehamilan karena adanya masalah kesehatan tertentu. Karena alasan inilah sebenarnya sewa rahim karena alasan komersial dianggap sebagai hal yang kontroversial. Di banyak negara, sewa rahim ternyata masih dianggap sebagai tindakan kriminal meskipun di negara seperti Portugal dan Yunani, sewa rahim sudah dilegalkan. Khusus di Indonesia, praktek ibu pengganti ini ternyata dilarang melalui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992.

Khusus untuk sewa rahim yang dilakukan oleh pasangan homoseksual, ternyata ada beberapa pasangan homoseksual pria yang juga memakai sel telur dari ibu pengganti agar bisa mendapatkan kehamilan. Memang, di beberapa negara, hal ini sudah dianggap sebagai hal yang wajar untuk dilakukan. Namun, sekali lagi, hal ini tetap masih menjadi hal yang kontroversial, termasuk di Indonesia.

Baca Juga:  Terlihat Bugar, Jeremy Teti Ternyata Punya Penyakit Jantung

Selain masih kontroversial, sewa rahim ternyata juga memiliki biaya yang sangat luar biasa mahal, yakni sekitar 2,2 hingga 3,2 miliar rupiah. Hal ini berarti, tidak mudah untuk melakukan sewa rahim ini jika kita memang bukan dari kalangan orang berada.