Apa Sih Penyebab Pusar Bodong?

DokterSehat.Com– Pusar bodong atau pusar yang menonjol kerap kali ditemukan pada perut bayi. Banyak orang yang menganggap pusar bodong ini disebabkan oleh cara memotong tali pusar yang tidak tepat saat bayi dilahirkan. Selain itu, pusar bodong ini juga dianggap akan menghilang dengan sendirinya sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Apakah anggapan ini benar adanya?

doktersehat-vaksin-palsu-bayi-imunisasi-Hipospadia

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa bentuk pusar yang bodong ini sama sekali tidak terkait dengan bagaimana cara tali pusar ini dipotong. Bentuk pusar ini adalah hasil pertemuan dari perutnya dengan tali pusar yang menghubungkannya dengan tubuh ibu saat berada dalam kandungan. Jika pusar sudah terlanjur bodong hingga dewasa, maka pusar tidak akan kembali masuk dengan sendirinya sebagaimana pusar yang normal.

Jika bayi memiliki pusar yang bodong, biasanya hal ini disebabkan oleh hernia umbilikalis atau hernia pusar. Benjolan pada pusar ini terjadi karena area tali pusar tidak benar-benar tertutup dengan sempurna setelah bayi dilahirkan. Untungnya, hernia umbilikalis ini tidak akan menyebabkan masalah kesehatan apapun dan akan hilang dengan sendirinya setelah bayi mencapai usia 1 tahun atau 18 bulan.

Yang menjadi masalah adalah, dalam beberapa kasus hernia umbilikalis ini bisa menyebabkan rasa sakit dan bisa bertahan hingga usia anak mencapai 3 atau 4 tahun. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kita memeriksakan hal ini pada dokter untuk mendapatkan solusi untuk mengatasinya.