Apa Sih Penyebab Mata Sering Kedutan?

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menganggap kedutan pada mata sebagai sebuah pertanda layaknya ada orang sedang ingin bertemu dengan kita atau adanya firasat tentang sesuatu hal yang akan terjadi di masa depan. Sebenarnya, apa sih penyebab mata sering kedutan?

doktersehat-mata-iritasi-lensa-kontak-soflens

Kedutan yang membuat gerakan berkedip pada mata ini terjadi karena adanya kejang saraf pada kelopak mata bagian bawah atau atas. Kedutan ini kerap kali terjadi secara berulang, tidak terkendali, dan seringkali muncul pada salah satu mata saja. Ada beberapa banyak penyebab dari mata kedutan ini, yakni kelelahan, stress, iritasi, hingga mengkonsumsi terlalu banyak kafein. Tak hanya itu, kebiasaan buruk yang kerap kita lakukan seperti makan dengan sembarangan sehingga kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh atau kebiasaan begadang juga bisa menjadi pemicunya.

Meskipun dianggap sebagai hal yang wajar terjadi dan tidak membahayakan kesehatan, dalam beberapa kasus yang langka, mata kedutan yang disertai dengan gejala-gejala lain yang lebih serius ternyata juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan layaknya Bell’s Palsy, Cervival Dystonia, hingga Multiple Sclerosis.

Normalnya, kedutan akan menghilang dengan sendirinya. Namun, jika hal ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan sangat mengganggu, kita bisa mengatasinya dengan menutup mata dan beristirahat sejenak. Jika hal ini tidak berhasil, kita juga bisa mengompres mata. Jika kedutan ini sampai mengganggu penglihatan dan kerap terjadi, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi ini ke dokter.