Apa sih Penyebab bayi stress?

DokterSehat.Com – Bayi adalah makhluk mungil yang harus dimengerti kebutuhannya, karena ia belum bisa mengatakan apa yang menjadi keinginannya. Memahami bayi bukanlah hal yang mudah, namun seorang ibu harus bisa melakukanya.



Adakalanya bayi Anda merengek terus, namun upaya yang Anda lakukan, seperti memberinya makan, minum, atau meninabobokkan justru membuatnya semakin rewel. Kalau sudah begitu, tentunya Anda pasti kebingungan harus berbuat apa. Jika bayi Anda rewel bukan karena ngantuk atau lapar, Anda harus mengecek suhu tubuhnya. Jika suhu tubuhnya juga normal, ada kemungkinan jika bayi Anda mengalami stress. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara meredakan stress pada bayi agar permasalahan segera teratasi.

Stress pada bayi sangat berbeda dengan stress pada orang dewasa. Stress pada bayi biasanya dikarenakan ia merasa bosan dan tidak nyaman. Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara meredakan stress pada bayi, kenali dulu gejala dan penyebab stress pada bayi.

Gejala stress pada bayi

1. Bayi merengek dan menangis.

2. Bayi terlihat murung dan tidak ceria.

3. Tidurnya tidak nyenyak dan terlihat gelisah.

4. Adanya perubahan kondisi fisik, misalnya berat badang berkurang akibat susah makan, adanya alergi, dan lain-lain.

5. Minta digendong terus sama ibunya atau pengasuhnya dan tidak mau dilepas.

Beberapa penyebab bayi mengalami stress

1. Kebutuhannya tidak terpenuhi dengan baik. Misalnya ketika ia merasa lapar atau haus namun Anda tidak segera memenuhi kebutuhan makan dan minumnya. Terlebih ketika si bayi sering Anda tinggal dalam waktu yang cukup lama untuk bekerja.

2. Kondisi keluarga yang tidak kondusif. Misalnya ketika ayah dan ibu sering bertengkat atau berbicara dengan nada keras dan kasar. Meskipun bayi belum mengarti apa yang sebenarnya terjadi namun secara psikologis ia akan terganggu. Padahal di usianya yang masih kecil ia membutuhkan kasih sayang dari keduanya dan kondisi rumah yang hangat.

Baca Juga:  Mengungkap Mati Suri

3. Masalah kesehatan. Kondisi tubuh bayi yang kurang sehat bisa saja menjadi penyebab bayi mengalami stress. Ia merasakan sakit pada bagian tertentu tubuhnya namun ia tidak mampu mengungkapkannya. Nah jika kemudian Anda atau pengasuh bayi kurang peka terhadap masalah ini bayi biasa saja mengalami stress.

4. Sering berganti – ganti lingkungan. Misalnya sering pindah rumah atau berganti – ganti pengasuh. Lingkungan baru yang ia dapatkan belum tentu akan ia terima dengan baik. Ia memerlukan waktu adaptasi untuk dapat mengenal dan menyatu dengan lingkungan barunya. Nah dalam masa adaptasi inilah ia riskan terhadap stress.

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat!