Apa Sih Fungsi Puting Susu Pada Pria?

DokterSehat.Com – Setiap bagian tubuh manusia tentu akan memiliki fungsinya tersendiri agar bisa mendukung kebutuhan dan aktifitas kita sehari-hari. Namun, jika kita cermati, ada beberapa bagian tubuh yang terlihat layaknya tidak memiliki fungsi sama sekali. Sebagai contoh, apa sih fungsi dari bulu yang ada pada jempol kaki kita? Hanya saja, bulu pada jempol kaki seringkali tidak begitu diperhatikan layaknya salah satu bagian tubuh pria yang juga ada pada wanita namun sepertinya tidak berfungsi sama sekali. Bagian tersebut adalah puting susunya.



Berbeda dengan puting susu pada wanita yang memang bisa menyediakan air susu ibu bagi bayi, puting susu pada pria sepertinya hanya berfungsi seperti pajangan atau pelengkap saja. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika alasan mengapa pria juga memiliki puting susu layaknya wanita disebabkan karena semenjak masih dalam kondisi embrio, tubuh pria dan wanita ternyata memang memiliki jaringan atau semacam cetakan yang sama saja. Hal ini disebabkan oleh embrio yang ternyata pada awalnya cenderung keluar sebagai betina. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, pengaruh gen mulai masuk ke dalam embrio tersebut dan memicu terbentuknya kelamin dari bayi. Hanya saja, pengaruh gen ini hanya akan membuat puting susu pada bayi berjenis kelamin pria ini tidak membesar layaknya yang ada dalam tubuh wanita, bukannya menghapusnya.

Meskipun terlihat layaknya hanya pajangan saja, pakar kesehatan menyebutkan jika puting susu ternyata bisa menjadi pelindung tubuh, khususnya bagi organ jantung dan paru-paru. Puting ini sendiri bisa menjadi lapisan pertama yang akan mencegah munculnya cedera parah pada kedua organ tersebut saat kecelakaan terjadi. Tak hanya itu, puting susu juga bisa menjadi area sensitif bagi pria saat mendapatkan rangsangan seksual. Hal ini disebabkan oleh banyaknya saraf yang sensitif pada bagian gelap di sekitar puting susu yang terkait dengan kepuasan seksual.