Apa Semangka Baik Untuk Menurunkan Berat Badan?

DokterSehat.Com – Bagi anda pembaca setia blog manfaat buah ini pasti sudah sangat paham jika mengkonsumsi buah-buahan adalah salah satu cara sehat yang baik untuk membantu menurunkan berat badan, dan memang terdapat beberapa buah yang diketahui sangat efektif dalam membantu pembakaran lemak. Sehubungan dengan topik yang akan dibahas saat ini, apakah buah semangka baik untuk menurunkan berat badan? Mungkin banyak yang beranggapan tidak, karena rasa semangka yang manis cukup sebagai indikasi bahwa buah ini tinggi kandungan gula.



Penting untuk diingat bahwa selain sangat menyegarkan karena daging buahnya yang renyah, manis, dan banyak mengandung air, semangka juga dipenuhi dengan vitamin dan mineral penting. Banyak ahli nutrisi yang mengatakan bahwa memasukkan buah semangka dalam diet dapat membantu mencapai tujuan anda untuk menurunkan berat badan.

Berikut ini beberapa logika berpikir tentang buah semangka yang harus dipahami :

  • Buah semangka didalamnya mengandung kalori dan juga lemak yang sangat rendah, sehingga baik sekali untuk proses penurunan berat badan. Karena 100 gram semangngka cuma memiliki  30 kalori. Maka bagi anda yang mau berdiet dengan cara sehat konsumsilah buah semangka dalam metodenya.
  • Beraktivitas seharian pasti membuat anda kekurangan cairan atau dehidrasi, Ketika anda meminum banyak air ini akan menimbulkan kembung dan juga perut terlihat lebih besar. Maka dari itu, alternatif lainnya dalam menangani dehidrasi tersebut dengan cara mengkonsumsi buah semangka dan tidak membuat perut anda kelihatan lebih besar.
  • Kunci utama dalam menurunkan berat badan yakni mengontrol porsi makan anda dengan cara mengkonsumsi makanan yang bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Seperi buah semangka, karena ketika kita mengkonsumsi semangka maka serat yang terkandung didalamnya bisa memperlambat pencernaan dan membuat kenyang agak lama.
  • Buah semangka juga mengandung banyak elektrolit, natrium dan juga kalium, yang berfungsi untuk mencegah kekurangan cairan dalam tubuh. semangka juga dapat menurunkan tekanan darah yang dapat menimbulkan penyakit kardiovaskular karena mengandung  L-citrulline / L-arginine, asam amino. Selain itu, semangkan juga mengandung vitamin A, C, B-6, dan tiamin.